Analisa Tindak Tutur dalam Pidato Nadiem Makarim Berjudul “Bebaskan Guru dari Belenggu” pada Hari Guru Nasional.

Emmanuella, Vania Maria (2021) Analisa Tindak Tutur dalam Pidato Nadiem Makarim Berjudul “Bebaskan Guru dari Belenggu” pada Hari Guru Nasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada hari guru tanggal 25 November 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberikan pidato yang berjudul, “Bebaskan Guru dari Belenggu”. Dari pidatonya ini, muncul berbagam reaksi yang muncul di media social seperti Instagram. Peneliti pada hal ini tertarik untuk meneliti pidato Nadiem Makarim dalam ilmu Pragmatik khususnya tindak tutur. Studi ini bertujuan untuk menganalisa tindak lokusi dan perlokusi dari pidato Nadiem Makarim di Hari Guru tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk menjawab: (1) Apa tindak ilokusi yang ditemukan pada pidato Nadiem Makariem di Hari Guru berjudul. “Bebaskan Guru dari Belenggu”, dan (2) Bagaimana efek dari ilokusi yang diucapkan Nadiem Makariem dalam pidatonya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data diperolah melalui laman Twitter untuk teks pidato, dan Instagram untuk mengetahui komentar dari netizen. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teori ilokusi dan perlokusi oleh Searle (1985). Hasil dari penelitian ini menuunjukkan bahwa terdapat beberapa tipe ilokusi yang digunakan oleh Nadiem Makarim pada pidatonya yaitu; Representative (13), Commissive (2), Directive (7), Declarative (1), Expressive (7). Nadiem Makarim menggunakan banyak memberikan gambaran dan fakta di lapangan di dalam pidatonya tersebut. Selain itu, Nadiem juga ingin menunjukkan rasa hormatnya kepada pendengar dan ingin menunjukkan bahwa ia bisa merubah keadaan. Lebih lanjut, ada beberapa tindak perlokusi yang ditemukan di kolom komentar Instagram yaitu tentang, upah guru, tugas administratif, menunjukkan mendukung, dan menunjukkan keraguan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan Analisa terhadap seluruh bagian dari tindak tutur meliputi, lokusi, ilokusi, dan perlokusi dengan topik yang hangat dan berkembang di tengah masyarakat. Lebih lanjut, peneliti juga menyarankan untuk penelitian selanjutnya untuk mengambil data dengan menggunakan kuesioner karena akan membuat lebih banyak diskusi.

English Abstract

On teacher's day on November 25th, 2019, the Minister of Education and Culture, Nadiem Makarim, gave a speech entitled, "Bebaskan Guru dari Belenggu." From this speech, various reactions emerged on social media such as; Instagram. Researcher, in this case, are interested in examining Nadiem Makarim's speech in Pragmatics, especially speech acts. This study aims to analyze the illocutionary and perlocutionary acts of Nadiem Makarim's speech on Teacher's Day. Therefore, this study focuses on answering: (1) What illocutionary acts were found in Nadiem Makariem's speech on Teacher's Day entitled. “Free the Guru from the Shackles,” and (2) how the effect of the perlocutionary Nadiem Makariem in his speech had. The method used in this research is a qualitative approach. The data source is obtained through the Twitter page for speech and Instagram to find out comments from netizens. In analyzing the data, the researcher used the illocutionary and perlocutionary theory by Searle (1985). The results of this study indicate that there are several types of illocutionary use by Nadiem Makarim in his speech, namely, Representative (13), Commissive (2), Directive (7), Declarative (1), Expressive (7). Nadiem Makarim used many descriptions and facts on the ground in his speech. Apart from that, Nadiem also wants to show his respect for listeners and show that he can change things. Furthermore, several perlocutionary acts are found in the Instagram comments column, namely about teacher wages, administrative tasks, showing support, and showing doubt. Further researchers are suggested to analyze all parts of speech acts, including locutions, illocutions, and perlocutions, with hot and developing topics in the community. Furthermore, the researcher also suggests further research to collect data using a questionnaire to create more discussion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 13:09
Last Modified: 11 Dec 2023 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185638
[thumbnail of vania maria emmanuella.pdf]
Preview
Text
vania maria emmanuella.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item