Pengembangan Media Komik Yuk Bariya Berbasis Kearifan Budaya Desa Toyomarto untuk Pembelajaran Membaca Cerita Rakyat Kelas X SMA.

Taufiqqurrohman, - (2021) Pengembangan Media Komik Yuk Bariya Berbasis Kearifan Budaya Desa Toyomarto untuk Pembelajaran Membaca Cerita Rakyat Kelas X SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu aspek yang sangat penting pada pembelajaran daring. Namun, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi pada pembelajaran membaca cerita rakyat. Selain itu, cerita rakyat yang berasal dari kearifan budaya sekitar masih belum digunakan pada pembelajaran membaca cerita rakyat dan belum diketahui oleh peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang lebih bervariasi dan dapat memuat cerita rakyat yang ada di Desa Toyomarto. Komik Yuk Bariya adalah media pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Komik Yuk Bariya adalah media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran daring membaca cerita rakyat dan memuat cerita rakyat yang ada di Desa Toyomarto. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Komik Yuk Bariya berbasis kearifan Desa Toyomarto untuk pembelajaran membaca cerita rakyat dari segi kelayakan isi, bahasa, dan sistematika penyajian. Penelitian ini berjenis pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini (1) uji validasi kelayakan isi mendapatkan persentase akhir 96,88% dengan kategori sangat baik, (2) uji validasi kelayakan bahasa mendapatkan persentase akhir 92,86% dengan kategori sangat baik, (3) uji validasi sistematik penyajian mendapatkan persentase akhir 100% dengan kategori sangat baik, dan (4) uji validasi oleh praktisi mendapatkan persentase akhir 98,39% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uji validasi tersebut, Komik Yuk Bariya dapat diimplementasikan melalui uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar. Implementasi tersebut menghasilkan persentase 88,12% dan 85,12% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba produk, Komik Yuk Bariya layak digunakan untuk pembelajaran membaca cerita rakyat

English Abstract

Learning media is one of the most important aspects of online learning. However, the learning media used were less varied in learning to read folklore. In addition, folklore derived from local cultural wisdom is still not used in learning to read folklore and is not yet known by students. Based on these problems, students need learning media that are more varied and can contain folklore in the Toyomarto village. Komik Yuk Bariya are learning media that can overcome these problems. Komik Yuk Bariya are learning media that can be used for online learning to read folklore and include folklore in the Toyomarto Village. This study aims to develop learning media for Komik Yuk Bariya based on the cultural wisdom of Toyomarto Village for learning to read folklore in terms of the feasibility of content, language, and systematic presentation. This type of research is development using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of this study (1) the validation test of content feasibility got the final percentage of 96,88% with a very good category, (2) the validation test of language feasibility got the final percentage of 92,86% with a very good category, (3) the validation test of systematic presentation got the final percentage of 100% with a very good category, and (4) the validation test by practitioners got the final percentage of 98,39% with a very good category. Based on the validation test, Komik Yuk Bariya can be implemented through small-scale product trials and large-scale product trials. The implementation resulted in the percentage of 88,12% and 85,12% with a very good category. Based on the results of validation tests and product trials, Komik Yuk Bariya are suitable for learning to read folklore.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 12:37
Last Modified: 16 Oct 2024 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185617
[thumbnail of Taufiqqurrohman.pdf] Text
Taufiqqurrohman.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item