Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Digital untuk Mengukur Kemampuan Membaca Mahasiswa BIPA Tingkat C1.

Wibawani,, Sri. (2021) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Digital untuk Mengukur Kemampuan Membaca Mahasiswa BIPA Tingkat C1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang layak dan terstandarisasi untuk mengukur kemampuan membaca mahasiswa BIPA tingkat C1 di Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengintegrasikan instrumen tes dengan media digital berupa microsoft form. Produk yang dihasilkan, meliputi kisikisi, sistem penskoran, soal tes, dan data diri peserta tes. Jenis data berupa data hasil wawancara, data hasil uji validasi, dan data hasil uji coba produk. Sumber data berasal dari pengajar BIPA, ahli materi, ahli bahasa, ahli media, ahli evaluasi, praktisi, dan empat mahasiswa BIPA C1. Hasil penelitian menyatakan bahwa validasi materi mendapatkan presentase akhir 92% berkategori sangat baik, validasi bahasa mendapatkan presentase akhir 92,5% berkategori sangat baik, validasi media mendapatkan presentase akhir 98,95% berkategori sangat baik, validasi evaluasi mendapatkan presentase akhir 84,72% berkategori sangat baik, dan validasi praktisi mendapatkan presentase akhir 82,47% berkategori sangat baik. Rata-rata presentase hasil validasi adalah 90,12% dengan kategori sangat baik. Ditinjau dari hasil uji coba produk, seluruh mahasiswa BIPA telah mencapai batas minimal ketuntuasan 576 (unggul) dengan rincian pengguna 1 mendapatkan skor 665 (sangat unggul), pengguna II mendapatkan skor 695 (sangat unggul), pengguna III mendapatkan skor 605 (unggul), dan pengguna IV mendapatkan skor 589 (unggul). Dengan demikian, instrumen tes yang dikembangkan telah mampu mengukur kemampuan membaca mahasiswa BIPA C1 secara akurat dan terstandar.

English Abstract

This study aims to develop an appropriate and standardized test instrument to measure the reading ability of BIPA students level C1 at Brawijaya University. This research integrates the test instrument with digital media in the form of Microsoft Form. The resulting products include grids, scoring systems, test questions, and personal identity. The type of data is data from interviews, validation test results, and product trials results. Data sources come from BIPA teachers, material experts, linguists, media experts, evaluation experts, practitioners, and four BIPA C1 students. The results of the study stated that material validation got a final percentage of 92% in very good category, language validation got a final percentage of 92.5% in very good category, media validation got a final percentage of 98.95% in very good category, evaluation validation got a final percentage of 84.72% very good category, and practitioner validation got a final percentage of 82.47% in very good category. The average percentage of validation results is 90.12% with a very good category. Judging from the results of product trials, all BIPA students have reached the minimum mastery limit of 576 (excellent) with details of user 1 getting a score of 665 (very superior), user II getting a score of 695 (very superior), user III getting a score of 605 (excellent), and IV users get a score of 589 (superior). So, the test instrument developed has been able to measure the reading ability of BIPA C1 students accurately and standardly.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 12:18
Last Modified: 23 Sep 2024 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185602
[thumbnail of SRI WIBAWANI.pdf] Text
SRI WIBAWANI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item