Adaptasi Antarbudaya Mahasiswa Indonesia dalam Menghadapi Culture Shock terhadap Lingkungan Universitas di Jepang

Putri, Shafira Alisya (2021) Adaptasi Antarbudaya Mahasiswa Indonesia dalam Menghadapi Culture Shock terhadap Lingkungan Universitas di Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Culture shock merupakan sebuah fenomena yang umumnya terjadi pada individu ketika memasuki lingkungan baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang akan menjelaskan bagaimana individu mengalami suatu fenomena, yaitu culture shock. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara terhadap tiga mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Jepang dengan universitas dan lama tinggal yang berbedabeda yang kemudian dianalisis melalui fase-fase U-Curve Hypothesis dari Dr. Kalervo Oberg, yaitu fase Honeymoon Stage, Rejection Stage, Adjustment Stage, hingga Mastery Stage. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan budaya antara Indonesia dengan Jepang dapat membuat mahasiswa Indonesia mengalami kesulitan hingga culture shock. Permasalahan yang sering dialami oleh partisipan adalah penyesuaian bahasa. Selain itu, gaya hidup dan makanan juga menjadi hambatan mereka dalam beradaptasi. Para partisipan mengatasinya dengan cara bergabung dan melakukan aktivitas bersama masyarakat Jepang. Selain itu, mereka juga mencoba untuk berkompromi.

English Abstract

-

Other obstract

カルチャーショックは、一般的に個人が新しい環境に入るときに起こる 現象である。この研究は、個人がどのように現象を経験するかを説明する 現象学的定性分析である。この研究のデータは、様々な大学と様々な滞在 期間で日本に留学した三人のインドネシア学生のインタビューから得た。 面 接 の 結 果 は 、 Dr. Kalervo Oberg の U-Curve Hypothesis 、すなわち Honeymoon Stage、Rejection Stage、Adjustment Stage、Mastery Stage まで分 析される。 この研究の結果は、インドネシアと日本の文化の違いがインドネシアの 学生に困難やカルチャーショックを経験させる可能性があることを示して いる。調査対象者がよく経験する問題は、言語の調整である。さらに、ラ イフスタイルと食べ物も彼らが適応するための障害である。調査対象者は、 日本人と対応することや一緒に活動することを克服している。さらに、彼 らはも妥協しようとする。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 11:51
Last Modified: 27 Sep 2024 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185589
[thumbnail of -SHAFIRA ALISYA PUTRI.pdf] Text
-SHAFIRA ALISYA PUTRI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item