Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Tingkat Pendidikan Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro (Studi Pada Anggota Bmt Ugt Sidogiri Kota Malang)

Rozzaq, Irham Aunur (2019) Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Tingkat Pendidikan Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro (Studi Pada Anggota Bmt Ugt Sidogiri Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Maka perlu dilakukan stabilitas kebijakan pemerintah agar kondisi tersebut dapat terjaga terus menerus dan berkesinambungan. Kesulitan usaha utama UMKM berupa permodalan dan ketenagakerjaan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah, tingkat pendidikan dan tenaga kerja terhadap pendapatan usaha mikro pada anggota BMT Sidogiri kota Malang. Penelitian ini menggunakan variabel pembiayaan murabahah (X1), tingkat pendidikan (X2) dan tenaga kerja (X3) sebagai variabel independen dan pendapatan usaha mikro (Y) sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan manager dan staf BMT UGT Sidogiri Kota Malang serta hasil pengisian kuesioner anggota BMT UGT Sidogiri Kota Malang. Sedangkan data sekunder yang digunakan yaitu berupa buku-buku serta jurnal yang berkaitan dengan fokus penelitian. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier berganda (OLS) untuk menjawab hubungan antara varibel independen terhadap variabel dependen. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan variabel pembiayaan murabahah (X1), tingkat pendidikan (X2) dan tenaga kerja (X3) terhadap pendapatan Usaha Mikro pada anggota BMT UGT Sidogiri Kota Malang. "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051902
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 23 Oct 2021 10:18
Last Modified: 07 Dec 2021 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185551
[thumbnail of irham aunur rozzaq.pdf]
Preview
Text
irham aunur rozzaq.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item