Pengaruh E-Service Quality Dan E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Pembeli Makanan Secara Online Di Aplikasi Grab Food Oleh Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya

Aini, Heni Nur (2021) Pengaruh E-Service Quality Dan E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Pembeli Makanan Secara Online Di Aplikasi Grab Food Oleh Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan e-satisfaction terhadap e-loyalty pembeli makanan secara online di aplikasi Grab Food oleh mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu menjelaskan hubungan yang ada antar variabel dengan menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden dimana penyebaran kuesioner dilakukan secara online dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responden yang merupakan mahasiswa S1 Universitas Brawijaya, dan mengetahui tentang Grab Food. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS ver. 25. Hasil penelitian menunjukkan e-service quality bepengaruh terhadap e-loyalty khususnya aplikasi Grab Food mudah digunakan dan mudah untuk menemukan makanan yang di inginkan oleh responden , e-satisfaction juga berpengaruh terhadap e- loyalty karena sebagian besar responden puas dengan Grab Food. Implikasi pada penelitian ini adalah Grab Food harus mempertahankan kemudahan aplikasinya untuk di gunakan dan aplikasi yang mudah untuk menemukan makanan yang di inginkan oleh konsumennya.

English Abstract

The purpose of this research is to identify the effect of e-service quality and esatisfaction on the e-loyalty of online food buyers in GrabFood application. This explanatory research explains the relationship between the variables through hypothesis testing. Using non-probability sampling method with purposive sampling technique, ninety respondents were selected, to whom online questionnaires were distributed. They are undergraduate students of Universitas Brawijaya who know about GrabFood service. The data was analyzed using multiple linear regression analysis in SPSS version 25. This study finds that eservice quality influences e-loyalty as GrabFood application is easy to use and helpful in finding food wanted by the respondents. Furthermore, e-satisfaction also affects e-loyalty because most of the respondents are satisfied with the application. It is therefore suggested that GrabFood must keep the simplicity of its application and its helpfulness in finding food wanted by its users

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052102
Uncontrolled Keywords: E- Service Quality, E-Satisfaction, E-Loyalty, Grab Food., : e- service quality, e-satisfaction, e-loyalty, GrabFood
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 23 Oct 2021 09:37
Last Modified: 10 Oct 2024 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185520
[thumbnail of Heni Nur Aini.pdf] Text
Heni Nur Aini.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item