Rizki Diaz Renavitasari, Ivenulut (2021) Pengembangan Media Edukasi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning untuk Mendukung Proses Pembelajaran Siswa SMA. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Banyaknya teori yang harus dihafalkan membuat beberapa siswa merasa bosan dalam belajar kimia. Salah satu pokok bahasan yang banyak menyajikan teori adalah kimia unsur, siswa dituntut untuk menghafal teori yang ada. Selama ini cara belajar kimia unsur secara konvensional seperti buku dan presentasi di depan kelas. Penggunaan teknologi khususnya smartphone telah banyak dilakukan dalam dunia pendidikan. Banyak aplikasi yang telah dikembangkan untuk membantu proses belajar baik diluar maupun didalam sekolah. Inovasi pembelajaran dapat menjadikan proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah mengintegrasikan antara media pembelajaran interaktif dengan model pembelajaran yang ada. Dengan menerapkan media pembelajaran yang interaktif dan penerapan model pembelajaran yang tepat akan meningkatkan minat belajar siswa serta membantu pemahaman sebuah konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media edukasi kimia unsur dengan pendekatan guided discovery learning untuk membantu proses pembelajaran siswa SMA. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan Successive Approximation Model sebagai metode pengembangan perangkat lunaknya. Metode A/B testing digunakan untuk memvalidasi rancangan awal media edukasi. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran kimia unsur berbasis android yang dapat diimplementasikan untuk mata pelajaran kimia khusus pada siswa SMA sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik untuk mempermudah dalam memahami kimia. Media edukasi mendapatkan nilai yang baik pada perancangan media berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi. Sebesar 86.8% pada aspek kebergunaan sistem dan 90.5% pada aspek materi dari media edukasi tersebut. Hasil eksperimen yang telah dilakukan menyatakan bahwa penggunaan media edukasi lebih efektif daripada metode pembelajaran secara konvensional. Hal ini dapat dilihat dari adanya signifikansi perbedaan rata-rata pada hasil belajar siswa pada kedua kelas, di mana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 89.75, sedangkan untuk nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 77.50."
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042115 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.39 Computer engineering |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Unnamed user with username santoso |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 08:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 04:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185498 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
TESIS_FILKOM_IVEN_176150100111017 - IVENULUT RIZKI DIAZ R.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |