Analisis Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Jasa Coating Pada Bengkel AFA Auto Clean Bekasi

Rachmadina Putri, Alya (2021) Analisis Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Jasa Coating Pada Bengkel AFA Auto Clean Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap orang di zaman serba cepat seperti sekarang ini diharuskan untuk bergerak lebih cepat dan mengefisienkan waktu sebaik mungkin agar setiap kegiatan atau pekerjaan yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan dengan baik. Kepadatan jam kerja, cuaca yang ekstrim, keselamatan, kebutuhan untuk membawa banyak muatan, lokasi atau jarak tempuh tempat kerja yang cukup jauh, kenyamanan, dan banyak lagi faktor lainnya yang membuat masyarakat memilih untuk memiliki kendaraan demi memenuhi kebutuhan hidupnya terlebih pada wilayah Kota Bekasi. Tahun 2017 hingga 2019 jumlah kendaraan bermotor roda empat terus meningkat sehingga hal tersebut menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan bagi penggiat usaha automotif khususnya pada bengkel body shop. Bengkel AFA Auto Clean Bekasi merupakan salah satu bengkel body shop yang memanfaatkan peluang tersebut. Penjualan dari Bengkel AFA Auto Clean Bekasi mengalami penurunan dari tahun 2017 hingga tahun 2020, hal ini disebabkan strategi pemasaran di dalam perusahaan yang belum dijalankan secara maksimal serta munculnya kompetitor yang menawarkan jasa yang serupa sehingga berdampak pada market share dari bengkel AFA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Segmenting-Targeting-Positioning (STP), matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM untuk melakukan perumusan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi dan mengukur faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perusahaan dengan menyebarkan kuesioner kepada perusahaan dan customer. Data-data tersebut selanjutnya diolah menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE). Kemudian, untuk mengetahui posisi perusahaan digunakan matriks Internal-External (IE) dan matriks Strengths-WeaknessOpportunities-Threats (SWOT) untuk mencocokkan alternatif strategi. Tahap yang terakhir, untuk menentukan alternatif strategi yang paling direkomendasikam, digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil dari identifikasi pada penelitain ini, terdapat 36 faktor yang mempengaruhi Bengkel AFA Auto Clean Bekasi, faktor tersebut mencakup 17 faktor internal dan 19 faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kekuatan yang berjumlah 10 faktor dan kelemahan yang berjumlah 7 faktor. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi Bengkel AFA Auto Clean Bekasi terdiri dari peluang yang berjumlah 8 faktor dan ancaman yang berjumlah 11 faktor. Setelah ditentukan faktor internal dan eksternal dilakukan penilaian dengan menggunakan matriks IFE dan EFE. Penilaian matriks IFE dilakukan berdasarkan kondisi internal perusahaan dengan mengalikan antara bobot dan rating setiap faktor, nilai yang didapatkan untuk matriks IFE Bengkel AFA Auto Clean Bekasi adalah 2,765. Sedangkan penilaian matriks EFE dilakukan berdasarkan kondisi faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan, nilai yang didapatkan untuk matriks EFE Bengkel AFA Auto Clean Bekasi adalah 2,830. Berdasarkan tahap matching stage menggunakan matriks IE (Internal External) dan matriks SWOT (strength, weakness, opportunity, threat), didapatkan tujuh belas alternatif strategi. Sebelum melakukan pemilihan strategi, dilakukan identifikasi untuk masingmasing alternatif strategi. Untuk itu, terdapat beberapa alternatif strategi yang digabungkan dan beberapa alternatif strategi yang diabaikan karena dirasa belum perlu dilakukan untuk saat ini. Berdasarkan identifikasi tersebut, didapatkan tujuh alternatif strategi. Alternatif strategi yang sudah dihasilkan kemudian dianalisis dengan menggunakan QSPM. Strategi yang direkomendasikan berdasarkan perhitungan QSPM dengan urutan yaitu (1) Membuat layanan Home Service Coating; (2) Membuka toko di Marketplace; (3) Membangun Branding dan promosi melalui social media; (4) Membuat Brand Identity; (5) Membuat Website perusahaan; (6). Membuat workshop digital marketing; (7) Sosialisasi SOP pada karyawan dan melakukan penjadwalan perawatan peralatan penunjang produk. Tujuh alternatif strategi ini kemudian dihubungkan kembali dengan visi dan misi perusahaan untuk melihat apakah alternatif strategi yang dihasilkan sesuai dengan tujuan perusahaan serta dihubungkan kembali dengan STP perusahaan untuk melihat kesesuaian alternatif strateginya agar tepat sasaran dalam implementasinya.

English Abstract

Everyone in this fast-paced era is required to move faster and make time-efficient as possible so that every activity or work carried out can run according to a well-planned schedule. Density of working hours, extreme weather, safety, the need to carry a lot of cargo, the location or distance of the workplace which is quite far, comfort, and many other factors that make people choose to own a vehicle to meet their needs, especially in the Bekasi City area. From 2017 to 2019 the number of four-wheeled motorized vehicles continues to increase so that this becomes an opportunity that can be utilized for automotive business activists, especially in body shop workshops. AFA Auto Clean Bekasi workshop is one of the body shop workshops that take advantage of this opportunity. Sales from the AFA Auto Clean Bekasi Workshop have decreased from 2017 to 2020, this is due to the marketing strategy within the company that has not been carried out optimally and the emergence of competitors who offer similar services so that it has an impact on the market share of the AFA workshop. This study uses the Segmenting-Targeting-Positioning (STP) approach, IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM to formulate marketing strategies according to company conditions. The research begins by identifying and measuring internal and external factors that affect the company by distributing questionnaires to companies and customers. The data is then processed using the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the External Factor Evaluation (EFE) matrix. Then, to determine the company's position, the Internal-External (IE) matrix and the Strengths-WeaknessOpportunities-Threats (SWOT) matrix are used to match the alternative strategies. The last stage, to determine the most recommended alternative trategy, used the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The results of the identification in this research, there are 36 factors that affect the AFA Auto Clean Bekasi Workshop, these factors include 17 internal factors and 19 external factors. Internal factors consist of strengths which amount to 10 factors and weaknesses totaling 7 factors. While the external factors that affect the AFA Auto Clean Bekasi Workshop consist of opportunities that amount to 8 factors and threats totaling 11 factors. After determining the internal and external factors, an assessment is carried out using the IFE and EFE matrices. The IFE matrix assessment is carried out based on the company's internal conditions by multiplying the weight and rating of each factor, the value obtained for the AFA Auto Clean Bekasi Workshop IFE matrix is 2,765. While the evaluation of the EFE matrix is carried out based on the condition of external factors that affect the company, the value obtained for the EFE matrix of the AFA Auto Clean Bekasi Workshop is 2.830. Based on the matching stage using the IE (Internal External) matrix and the SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) matrix, seventeen alternative strategies were obtained. Before selecting a strategy, identification is made for each alternative strategy. For this reason, several alternative strategies are combined and several alternative strategies that are ignored because they do not need to be done at this time. Based on this identification, seven alternative strategies were obtained. Alternative strategies that have been generated are then analyzed using QSPM. The recommended strategy is based on QSPM calculations in the order of (1) Creating Home Service Coating services; (2) Open a shop on Marketplace; (3) Building Branding and promotion through social media; (4) Creating Brand Identity; (5) Creating a company website; (6). Creating digital marketing workshops; (7) Socialization of SOP to employees and scheduling maintenance of product supporting equipment. These seven alternative strategies are then linked back to the company's vision and mission to see whether the resulting alternative strategies are in accordance with the company's goals and reconnected with the company's STP to see the suitability of the alternative strategies to be right on target in their implementation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 670
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Matriks EFE-IFE, Matriks SWOT, Pendekatan STP,QSPM, EFE & IFE Matrix , Marketing Management, STP Approach, SWOT Matrix, QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 23 Oct 2021 08:26
Last Modified: 26 Mar 2024 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185487
[thumbnail of Alya Rachmadina Putri.pdf]
Preview
Text
Alya Rachmadina Putri.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item