"PENGARUH NILAI TUKAR, SUKU BUNGA, PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DIMEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)"

Adilla, Nur' (2021) "PENGARUH NILAI TUKAR, SUKU BUNGA, PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DIMEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)". Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berfluktuasi, hal ini menyebabkan investor mengalami kesulitan dalam melakukan investasi di pasar modal. Kebijakan dividen adalah suatu kebijakan dalam mengambil keputusan untuk membagikan keuntungan sebagai dividen atau menahan laba untuk perkembangan bisnis, hal ini sulit dilakukan oleh banyak manajer perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh nilai tukar, suku bunga, profitabilitas dan solvabilitas terhadap harga saham dimediasi oleh kebijakan dividen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah observasi sebanyak 8 perusahaan, dengan periode penelitian selama 4 tahun (2016-2019). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan metode regresi linear berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa solvabilitas berpengaruh terhadap harga saham baik secara langsung maupun melalui kebijakan dividen, sedangkan profitabilitas hanya berpengaruh terhadap harga saham jika melalui kebijakan dividen. Hasil pengujian yang sama juga menunjukan bahwa nilai tukar yang diukur menggunakan sensitivitas nilai tukar dan suku bunga yang diukur menggunakan sensitivitas suku bunga tidak mampu mempengaruhi harga saham perusahaan manufaktur. Kata kunci: Nilai tukar, suku bunga, profitabilitas, solvabilitas, harga saham, kebijakan dividen."

Item Type: Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Nilai tukar, suku bunga, profitabilitas, solvabilitas, harga saham, kebijakan dividen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 23 Oct 2021 08:05
Last Modified: 23 Feb 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185477
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TESIS_FEB_NUR_ ADILLA_186020200111036 - Nur Adilla.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item