Putra, Mochamad Fajar Gusmy and Prof. Dr. H. Moeljadi,, SE., SU, and k Dr. Mugiono,, SE., MM., CMA, (2021) "Pengaruh Kerentanan Sosial Terhadap Dorongan Pembelian Impulsif Melalui Emosi Negatif Dan Emosi Positif Pada Konsumen Generasi Millenial Di Second Wave Coffee Shop Lokal Di Kota Malang Dan Kabupaten Malang". Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"ABSTRAK Putra, Mochamad Fajar Gusmy. Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pengaruh Kerentanan Sosial terhadap Dorongan Pembelian Impulsif Melalui Emosi Negatif dan Emosi Positif pada Konsumen Generasi Millenial di Second Wave Coffee Shop Lokal di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Ketua Pembimbing: Moeljadi, Komisi Pembimbing: Mugiono. Gaya hidup hedonis dari konsumen millennial mendorong pembelian yang cenderung impulsif. Gaya hidup hedonis berkontribusi pada maraknya konsumsi kopi Second Wave di Indonesia. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang inkonklusif, meskipun teori pembelian impulsif menyatakan bahwa kerentanan sosial berpengaruh positif dalam mendorong pembelian impulsif. Emosi adalah gratifikasi instan yang pertama kali dialami oleh konsumen dan mendorong motivasinya dalam mengakuisisi produk Second Wave Coffee Shop. Teori mendukung adanya keterlibatan pada kedua emosi positif dan emosi negatif dalam mendorong pengambilan keputusan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model yang melibatkan emosi positif dan emosi negatif dalam mendorong pembelian impulsif, dengan memperhatikan proses motivasi konsumen hedonis pada kedua aspek emosi. Studi ini melibatkan 115 konsumen millennial Second Wave Coffee Shop Lokal di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Studi ini menggunakan metode analisis PLS. Studi ini menujukkan bahwa emosi positif dan emosi negatif sama-sama memiliki peran dalam meningkatkan pengaruh kerentanan sosial pada dorongan pembelian impulsif pada konsumen millennial. Penelitian ini juga mengkonfirmasi pengaruh positif dari kerentanan sosial pada dorongan pembelian impulsif dan peran mediasi parsial dari emosi positif dan negatif di antara keduanya. Penelitian ini merekomendasikan pelaku usaha Second Wave Coffee Shop untuk memanfaatkan karakter konsumen millennial yang rentan sosial dan memanfaatkan pengalaman emosi positif dan negatif, hingga aktivitas konsumen dalam komunitasnya. Kata Kunci: Kerentanan Sosial, Emosi Positif, Emosi Negatif, Dorongan Pembelian Impulsif, Motivasi Konsumen Hedonis, Second Wave Coffee Shop."
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042102 |
Uncontrolled Keywords: | Kerentanan Sosial, Emosi Positif, Emosi Negatif, Dorongan Pembelian Impulsif, Motivasi Konsumen Hedonis, Second Wave Coffee Shop. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username verry |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 07:59 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185472 |
Text
-Muhammad Fajar.pdf Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |