" PERAN VARIASI KOMPOSISI AIR GAMBUT DALAM MELEMAHKAN IKATAN MOLEKUL H2O UNTUK MENGHASILKAN GAS HIDROGEN DENGAN METODE ELEKTROLISIS"

Musthofa, Imron (2021) " PERAN VARIASI KOMPOSISI AIR GAMBUT DALAM MELEMAHKAN IKATAN MOLEKUL H2O UNTUK MENGHASILKAN GAS HIDROGEN DENGAN METODE ELEKTROLISIS". Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gas Hidrogen sebagai bahan bakar alternatif dengan metode elektrolisis. Proses elektrolisis yang di lakukan menggunakan air gambut. Dimana air gambut tersebut mempunyai struktur Asam Fulvat yang dapat bereaksi dengan air. Dari struktur Asam Fulvat tersebut mempunyai cincin aromatik, cincin aromatik tersebut dapat beresonansi yang menghasilkan medan magnet. Medan magnet yang terbentuk dari aromatik tersebut mampu menarik atom O pada ikatan air (H2O), yang mana atom O tersebut bersifat paramagnetik artinya dapat ditarik lemah oleh medan magnet. Selain komposisi asam Fulvat, air Gambut juga mempunyai komposisi mineral yang berfungsi untuk melemahkan ikatan Hidrogen yang nantinya akan dengan mudah untuk di reduksi dan menghasilkan gas Hidrogen. Ikatan air yang lemah akan dengan mudah di reduksi oleh katode yang telah teraliri tegangan listrik 12 V. Gas Hidrogen yang telah diproduksi akan di tampung pada tabung dan menekan air di dalam tabung, dengan demikian besar tekanan gas Hidrogen tersebut dapat di ukur besar volume gas Hidrogen. Proses elektrolisis ini menggunakan elektroda tembaga dan berlangsung selama 11 menit. Pada penelitian ini konsentrasi asam Fulvat yang di gunakan 0 ppm, 15 ppm, 50 ppm, 55 ppm, dan 60 ppm. Hasil dari penelitian ini di peloleh volume gas Hidrogen tertinggi sebesar 67,2 ml, konsumsi daya 7,7 Watt, konsumsi energi sebesar 0.001099kWh, arus listrik 0,64 A, peningkatan nilai pH 2,63 dan penurunan tegangan permukaan air 0,104 N/m diperoleh pada Asam Fulvat 60 ppm, sedangkan pada konsentrasi Fulvat 0 ppm asam Fulvat tidak mengalami peningkatan volume. Hal ini dikarenakan pada konsentrasi Fulvat 0 ppm tidak adanya senyawa yang dapat melemahkan ikatan air. Kata kunci: Air Gambut, Asam Fulvat, Elektrolisis, Hidrogen. "

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042107
Uncontrolled Keywords: Air Gambut, Asam Fulvat, Elektrolisis, Hidrogen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 23 Oct 2021 07:09
Last Modified: 25 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185440
[thumbnail of Imron Musthofa.pdf] Text
Imron Musthofa.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item