Pemodelan Sebaran Tumpahan Minyak dan Tingkat Sensitivitas Lingkungan Pesisir Ternate, Maluku Utara

Mustika Winiarti, Farida (2021) Pemodelan Sebaran Tumpahan Minyak dan Tingkat Sensitivitas Lingkungan Pesisir Ternate, Maluku Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Pencemaran minyak merupakan salah satu pencemaran laut yang bersumber dari aktivitas bongkar muat, tidak tepatnya jangkar berlabuh, kecelakaan kapal, pengeboran, penyulingan dan air ballast. Padatnya aktivitas di Terminal BBM (TBBM) Ternate, Maluku Utara sangat berpotensi mencemari lingkungan pesisir. Tumpahan minyak di laut sangat membahayakan ekosistem pesisir, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Strategi penting dalam perencanaan penanggulangan tumpahan minyak di laut adalah dengan membuat kajian mengenai tingkat respons lingkungan pesisir terhadap tumpahan minyak. Penelitian ini menggunakan konsep pemodelan dengan menyusun skenario sebagai input model pada perangkat lunak GNOME (General NOAA Operational Modeling Environment) dan ADIOS2 dengan luaran prediksi arah sebaran tumpahan minyak beserta iformasi perubahan fisika dan kimia minyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran tumpahan minyak mencapai Tidore. Arah persebarannya ke Tenggara dengan kondisi arus permukaan bergerak dari timur laut ke barat pada kecepatan 0,7-0,8 m/s. Kondisi angin ketika minyak tumpah dominan berhembus dari selatan dengan kecepatan rata-rata 3,6-5,7 m/s, sedangkan tipe pasang surutnya campuran condong harian ganda. Minyak jenis premium hanya bertahan 8 jam di perairan sedangkan minyak jenis solar hingga hari ke-5 masih tersisa 1.835 barrel. Kawasan dengan indeks sensitivitas tertinggi yaitu Kecamatan Ternate Selatan dan Tidore Utara."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: agung
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:54
Last Modified: 24 Feb 2022 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185430
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farida Mustika Winiarti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item