Kandungan Mikroplastik Yang Ditemukan Pada Ikan di Wilayah Perairan Laut Benua Asia: Sebuah Ulasan Literatur

Ghannam Pratama, Faishal (2021) Kandungan Mikroplastik Yang Ditemukan Pada Ikan di Wilayah Perairan Laut Benua Asia: Sebuah Ulasan Literatur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencemaran mikroplastik marak terjadi di berbagai perairan dunia, penelitian menyebutkan bahwa mikroplastik mulai menginvasi lingkungan laut dan biota didalamnya, salah satunya adalah ikan. Kontaminasi mikroplastik sebagian besar terjadi di Benua Asia, dan tersebar di beberapa lokasi. Ulasan literatur ini ditulis menggunakan metode narrative review, menggunakan lebih dari 20 artikel penelitian sebagai acuan penulisan, dengan tema kontaminasi mikroplastik pada ikan yang berlokasi dibeberapa perairan di Benua Asia. Hasil yang didapatkan dari ulasan ini adalah bahwa terdapat perbedaan kelimpahan mikroplastik pada ikan di beberapa perairan Benua Asia, tetapi tidak menunjukkan pola yang jelas. Terdapat perbedaan nilai kelimpahan mikroplastik dari setiap lokasi penelitian berdasarkan variasi spesies dan jumlah sampel, lokasi pengambilan sampel, habitat ikan, serta kebiasaan makan. Variabel yang mendasari analisis kemudian menunjukkan perbedaan dari tiap penelitian, tetapi tidak menunjukkan hubungan terkait satu sama lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa belum ada variabel yang dapat dijadikan standar untuk menentukan perbedaan kelimpahan mikroplastik pada ikan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: agung
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:45
Last Modified: 24 Feb 2022 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185426
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faishal Ghannam Pratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item