"Implementasi Kebijakan Penataan Dan Pemerataan Guru Di Tingkat Smp Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kota Batu (Studi Implementasi Peraturan Wali Kota Batu Nomor 57 Tahun 2015 Tentang Penataan, Pemerataan, Pemindahan Guru Pns Dan Guru Non Pns, Serta Penataan Kelembagaan Satuan Pendidikan Di Kota Batu)"

Siregar, Fiancy Gabriella (2021) "Implementasi Kebijakan Penataan Dan Pemerataan Guru Di Tingkat Smp Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kota Batu (Studi Implementasi Peraturan Wali Kota Batu Nomor 57 Tahun 2015 Tentang Penataan, Pemerataan, Pemindahan Guru Pns Dan Guru Non Pns, Serta Penataan Kelembagaan Satuan Pendidikan Di Kota Batu)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi Perwali Kota Batu No. 57 Tahun 2015 dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada jenjang SMP. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi Perwali Kota Batu No. 57 Tahun 2015 jenjang SMP . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Fokus penelitian dalam penelitian ini menggunakan teori George C. Edward III. Lokasi penelitian berada di Kota Batu dengan situs penelitian berada pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Batu, SMP Negeri 1 serta SMP Negeri 4. Sumber penelitian ini berupa sumber primer dan sumber sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman, yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Perwali Kota Batu No. 57 Tahun 2015 pada tingkat SMP dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan berjalan dengan baik. Menyisakan beberapa guru yang tidak dapat dipindahkan, karena jumlah guru pada mata pelajaran tertentu sangat minim dan guru tersebut sudah merangkap dibeberapa sekolah tertentu. Keberhasilan tersebut dipengaruhi beberapa variabel yakni komunikasi, sumber daya, disposisi (sikap), dan struktur birokrasi. Komunikasi dalam implementasi kebijakan ini dilakukan melalui sosialisasi yang dilakukan dalam beberapa tahap. Sumber daya manusia yang terlibat dalam implementasi kebijakan ini merupakan stakeholder pendidikan di tingkat SMP. Disposisi dilihat dari kesediaan para guru untuk dipindah tugaskan dengan adanya jaminan tidak ada pengurangan hak yang telah didapatkan. SOP dan pembagian tugas serta tanggung jawab dalam implementasi kebijakan mengacu pada Juknis Perwali Kota Batu No. 57 Tahun 2015. Faktor pendukung keberhasilan implementasi kebijakan yaitu adanya komunikasi yang baik, wujud kepatuhan serta tingginya kesadaran guru. Sementara faktor penghambat yaitu minimnya jumlah guru pada mata pelajaran tertentu serta sulitnya penyesuaian jam mengajar guru di sekolah baru.

English Abstract

This study aims to determine: (1) the implementation of Batu City Mayor No. 57 of 2015 in improving the quality of education at the junior high school level. (2) supporting factors and obstacles to the implementation of Mayor Regulation of Batu City Number 57 of 2015 for Junior High School level. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The research focus in this study uses the theory of George C. Edward III. The research location is in Batu City with the research site at the Batu City Education Office, Public junior high school 1 and Public junior high school 4. The sources of this research are primary sources and secondary sources with data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis used the interactive model of Miles and Huberman, namely the stages of data collection, data reduction, and data presentation. The results showed that the implementation of Batu City Mayor Regulation of Batu City Number 57 of 2015 at the junior high school level in an effort to improve the quality of education went well. Leaving some teachers who cannot be transferred, because the number of teachers in certain subjects is very minimal and these teachers are already concurrently in certain schools. This success is influenced by several variables, namely communication, resources, disposition (attitude), and bureaucratic structure. Communication in the implementation of this policy is carried out through socialization which is carried out in several stages. The human resources involved in implementing this policy are education stakeholders at the junior high school level. Disposition is seen from the willingness of the teachers to be transferred with a guarantee that there is no reduction in the rights that have been obtained. Stranded Operational Procedure and division of tasks and responsibilities in implementing policies refer to the Technical Guidelines for the Mayor of Batu City Number 57 of 2015. Factors supporting the success of policy implementation are good communication, a form of compliance and high teacher awareness. While the inhibiting factors are the minimum number of teachers in certain subjects and the difficulty of adjusting teacher teaching hours in new schools

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Perwali Kota Batu No. 57 Tahun 2015", : Implementation, Policy, Mayor Regulation of Batu City Number 57 of 2015
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:42
Last Modified: 01 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185424
[thumbnail of FIDIYAH.pdf] Text
FIDIYAH.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item