EVALUASI USER EXPERIENCE GAME RAFT MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ)

Kyat Madana, Darmadani (2021) EVALUASI USER EXPERIENCE GAME RAFT MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Game survival adalah sub-genre dari game action dimana pemain menjelajah melalui lingkungan yang tidak bersahabat dengan sumber daya yang luas untuk digunakan pemain sesuai dengan situasi, seperti membuat alat untuk akses yang lebih mudah ke sumber daya lain yang lebih langka atau senjata yang memperpanjang kelangsungan hidup pemain melalui pertempuran melawan musuh. Raft adalah game survival yang dikembangkan oleh Redbeet Interactive dan Axolot Games saat masih dalam tahap Early Access, dimana game tersebut saat ini sedang ditambah dengan game improvements dan konten tambahan. Oleh karena itu, game tersebut memerlukan evaluasi pengalaman pengguna sebelum mencapai tahap akhir pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Experience Questionnaire, instrumen berbasis kuesioner yang bertujuan untuk mengukur pengalaman pengguna dalam bermain game. Kuesioner tersebut memiliki 3 modul. Modul pertama adalah Core Module dengan nilai rata-rata 3 pada dimensi Competence (M = 2.99, SD = 1.05175), Immersion (M = 3, SD = 1.03061), dan Positive Effect (M = 3.1, SD = 1.019152) sedangkan nilai terendah terdapat pada dimensi Negative Effect (M = 0.9875, SD = 1.293767) and Tension (M = 0.817, SD = 1.38392). Modul kedua adalah Social Presence Module dengan dimensi Psychological Involvement – Emphaty, Psychological Involvement – Negative, dan Behavioural Involvement. Modul ini tidak digunakan untuk penelitian ini karena modul ini terutama digunakan untuk game yang membutuhkan banyak pemain. Meskipun game ini memiliki mode multiplayer, para responden hanya akan memainkan game dalam singleplayer untuk tujuan penelitian ini. Modul ketiga adalah Post-Game Module dengan nilai tertinggi pada dimensi Positive Experience (M = 2.6833, SD = 1.07958) sedangkan nilai terendah pada dimensi Negative Experience (M = 0.60, SD = 1.00536). Kesimpulannya, pengalaman pengguna game Raft baik berdasarkan hasil. Ada beberapa masalah yang muncul, namun tidak mempengaruhi gameplay sepenuhnya karena masalah – masalah tersebut sifatnya minor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:20
Last Modified: 23 Feb 2022 09:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185408
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FILKOM_DARMADANI KYAT MADANA_155150207111105 - Darmadani Kyat M..pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item