Evaluasi Manajemen dan Tatakelola Teknologi Informasi pada Dinas KOMINFO Kota Malang Menggunakan Framework COBIT 2019

Muchsinul Huda Malik Jamil, Achmad (2021) Evaluasi Manajemen dan Tatakelola Teknologi Informasi pada Dinas KOMINFO Kota Malang Menggunakan Framework COBIT 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Dinas KOMINFO Kota Malang merupakan organisasi pemerintahan yang bergerak di bidang pengolahan data dan informasi untuk publik ataupun instansi pemerintahan lain, yang telah menerapkan pengunaan TI pada proses-prosesnya. Sehingga harus melakukan kegiatan manajemen/tatakelola TI, yang setelah dilakukan wawancara muncul masalah bagaimana manajemen yang bekerja saat ini bersiap untuk menghadapi perkembangan TI. Dimulai dari prioritasi proses manajemen/tatakelola TI mana yang harus disiapkan lebih dulu. COBIT 2019 memiliki proses Design Factor yang berfungsi untuk mengetahui proses mana yang memang krusial untuk organisasi (disertai target levelnya) agar dijadikan fokus. Peneliti melihat proses Design Factor tersebut telah sesuai dengan masalah pada dinas. Maka dilakukanlah proses Design Factor kepada dinas dengan hasil akhir proses fokus adalah BAI11 dengan target level 3. Kemudian dievaluasi sesuai COBIT 2019 dan didapat level dari BAI11 adalah 2 (gap sebanyak 1 dari target). Maka dilakukan perumusan rekomendasi untuk menjembatani gap tersebut dengan hasil akhir rekomendasi sebanyak 4 rekomendasi. Kata kunci: audit sistem infromasi, evaluasi manajemen TI, evaluasi tatakelola TI, framework COBIT 2019, domain BAI11"

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: audit sistem infromasi, evaluasi manajemen TI, evaluasi tatakelola TI, framework COBIT 2019, domain BAI11"
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 23 Oct 2021 05:09
Last Modified: 24 Sep 2024 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185350
[thumbnail of ACHMAD MUCHSINUL HUDA MJ.pdf] Text
ACHMAD MUCHSINUL HUDA MJ.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item