Pengaruh Pemberian Karbon Aktif dan Tanaman Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Terhadap Karakteristik Air Pengolahan Limbah Laundry

Ratih Marinka, Nadya (2021) Pengaruh Pemberian Karbon Aktif dan Tanaman Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Terhadap Karakteristik Air Pengolahan Limbah Laundry. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Kegiatan laundry atau pencucian merupakan salah satu kegiatan yang menimbulkan pencemaran air. Upaya perbaikan kualitas air limbah laundry yang sederhana dan murah adalah dengan menggunakan kombinasi antara adsorpsi dan fitoremediasi. Metode adsorpsi perlu dikombinasikan dengan metode lain agar kandungan COD, BOD, dan fosfat dalam air limbah laundry dapat menurun secara signifikan. Adsorben yang digunakan adalah karbon aktif dengan tanaman fitoremediasi berupa eceng gondok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan adsorpsi karbon aktif, fitoremediasi tanaman eceng gondok serta kombinasi keduanya dalam menurunkan COD, BOD, dan fosfat dalam air limbah laundry. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap dengan empat perlakuan dan tiga ulangan. Variasi perlakuan yang digunakan yaitu: tanpa tanaman dan absorben (kontrol), adsorben karbon aktif, tanaman enceng gondok, serta adsorben karbon aktif dan tanaman enceng gondok. Konsentrasi limbah yang digunakan yaitu 20% yang mengacu pada hasil Range Finding Test (RFT) yang dilakukan pada penelitian pendahuluan. Nilai suhu dan pH air limbah laundry selama penelitian berlangsung mengalami fluktuasi dengan nilai suhu yang berada pada rentang 24,83 – 33,26 oC dan nilai pH berkisar pada rentang 7,36 – 9,71. Air limbah laundry setelah diberi perlakuan mengalami penurunan kadar COD tertinggi sebesar 45,10 mg/L dengan efisiensi penurunan sebesar 39,19% dengan perlakuan karbon aktif. Parameter BOD mengalami penurunan tertinggi sebesar 35,07 mg/L dengan efisiensi penurunan sebesar 95,52% dengan perlakuan kombinasi karbon aktif dan eceng gondok. Penyisihan fosfat pada air limbah laundry tertinggi yaitu pada perlakuan kombinasi karbon aktif dan eceng gondok dengan penurunan sebesar 2,824 mg/L dengan efisiensi penurunan sebesar 97,74%. Tanaman eceng gondok selama penelitian berlangsung mengalami kenaikan biomassa. Kata Kunci: Fitoremediasi, Eceng Gondok, Air Limbah Laundry, Adsorben Karbon Aktif "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052110
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Eceng Gondok, Air Limbah Laundry, Adsorben Karbon Aktif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:47
Last Modified: 24 Feb 2022 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185337
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FTP_NADYA RATIH MARINKA_175100907111003 - NADYA RATIH MARINKA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item