"PENGARUH PINJAMAN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN RISIKO KREDIT SEBAGAI PEMODERASI"

Latifalia Erzha, Eria (2021) "PENGARUH PINJAMAN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN RISIKO KREDIT SEBAGAI PEMODERASI". Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"ABSTRAK Eria Latifalia Erzha: Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, 2020. Pengaruh Pinjaman dan Intellectual Capital terhadap Profitabilitas dengan Risiko Kredit sebagai Pemoderasi: Studi pada Perbankan di Indonesia. Ketua Pembimbing: Prof. Dr. Made Sudarma, S.E., MM., Ak.. Pembimbing: Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., DBA., SAS., Ak., CA Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pinjaman dan intellectual capital terhadap profitabilitas bank, serta membuktikan secara empiris efek moderasi risiko kredit terhadap hubungan pinjaman dan intellectual capital dengan profitabilitas. Model analisis yang digunakan yaitu moderated regression analysis dengan teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh data sampling 41 perusahaan perbankan pada tahun pengamatan 2013-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pinjaman dan intellectual capital berpengaruh terhadap profitabilitas bank. Semakin besar pinjaman yang disalurkan oleh bank disertai pengelolaan kinerja intellectual capital secara efektif dan efisien dapat menghasilkan tingkat profitabilitas yang lebih tinggi. Selanjutnya, risiko kredit memiliki peran yang penting dalam hubungan pengaruh pinjaman dan intellectual capital terhadap profitabilitas bank. Adanya risiko kredit meningkatkan biaya perbankan yang berupa gagal bayar oleh debitur, sehingga bank mengalami kerugian dan profitabilitasnya menurun. Kata Kunci: pinjaman, intellectual capital, profitabilitas bank. "

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042102
Uncontrolled Keywords: "ABSTRAK Eria Latifalia Erzha: Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, 2020. Pengaruh Pinjaman dan Intellectual Capital terhadap Profitabilitas dengan Risiko Kredit sebagai Pemoderasi: Studi pada Perbankan di Indonesia. Ketua Pembimbing: Prof. Dr. Made Sudarma, S.E., MM., Ak.. Pembimbing: Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., DBA., SAS., Ak., CA Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pinjaman dan intellectual capital terhadap profitabilitas bank, serta membuktikan secara empiris efek moderasi risiko kredit terhadap hubungan pinjaman dan intellectual capital dengan profitabilitas. Model analisis yang digunakan yaitu moderated regression analysis dengan teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh data sampling 41 perusahaan perbankan pada tahun pengamatan 2013-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pinjaman dan intellectual capital berpengaruh terhadap profitabilitas bank. Semakin besar pinjaman yang disalurkan oleh bank disertai pengelolaan kinerja intellectual capital secara efektif dan efisien dapat menghasilkan tingkat profitabilitas yang lebih tinggi. Selanjutnya, risiko kredit memiliki peran yang penting dalam hubungan pengaruh pinjaman dan intellectual capital terhadap profitabilitas bank. Adanya risiko kredit meningkatkan biaya perbankan yang berupa gagal bayar oleh debitur, sehingga bank mengalami kerugian dan profitabilitasnya menurun. Kata Kunci: pinjaman, intellectual capital, profitabilitas bank. "
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:19
Last Modified: 24 Feb 2022 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185315
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TESIS_FEB_ERIA_166020310111014 - Eria Latifalia Erzha, S.E.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item