Rendemen Dan Karakteristik Tepung Endosperma Biji Asam Dan Ekstrak Kasarnya Yang Larut Air : Pengaruh Ukuran Dan Kadar Air Biji, Dan Lama Penyangraian

Aqil Zuhdi, Achmad (2021) Rendemen Dan Karakteristik Tepung Endosperma Biji Asam Dan Ekstrak Kasarnya Yang Larut Air : Pengaruh Ukuran Dan Kadar Air Biji, Dan Lama Penyangraian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asam Jawa merupakan salah satu buah yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi mulai dari buah hingga bijinya. Namun pada bagian bijinya seringkali tidak digunakan dan menjadi limbah. Dalam biji asam tersebut terdapat kandungan polisakarida yang bermanfaat sebagai bahan olahan pangan maupun non pangan. Salah satu nya yaitu tepung endosperm biji asam atau TKP. Tetapi untuk mendapatkan bagian endosperma biji asam yang telah dipisahkan dari bagian testa (seed coat) cukup sulit. Salah satu cara untuk memisahkannya yaitu dengan cara penyangraian. Mengevaluasi pengaruh ukuran biji, kadar air, dan lama penyangraian biji asam terhadap rendemen dan karakteristik tepung endosperma serta ekstrak kasar hidrokoloid polisakarida. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan faktor I yaitu ukuran biji (kecil dan besar), faktor II yaitu kadar air (rendah dan tinggi), dan faktor III yaitu lama penyangraian (4, 6, dan 10 menit). Parameter yang dianalisa yaitu rendemen, kelarutan, total padatan terlarut, dan warna. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa ukuran biji besar, kadar air tinggi, dan lama penyangraian 4 menit memberikan perlakuan terbaik pada parameter rendeman yaitu 58.9%, kelarutan sebesar 42.5%, total padatan terlarut sebesar 6.87 ˚brix, warna dengan tingkat kecerahan (L) 82.6, nilai kemerahan (a*) 1.8, dan nilai kekuningan (b*) 14.1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052110
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 23 Oct 2021 03:30
Last Modified: 25 Feb 2022 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185269
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FTP_ACHMAD AQIL ZUHDI_165100107111012 - Achmad Aqil Zuhdi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item