ANALISIS KANDUNGAN ASAM LEMAK ESENSIAL PADA MINYAK IKAN TERI

Safira Aditirta Candra, Cahyunda (2021) ANALISIS KANDUNGAN ASAM LEMAK ESENSIAL PADA MINYAK IKAN TERI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan teri merupakan salahsatu sumberdaya perikanan di Indonesia yang sangat melimpah namun pemanfaatannya hanya dimanfaatkan sebagai produk ikan teri kering, kripik teri sedangkan pada ikan teri terdapat kandungan omega 3 yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai minyak ikan. Sementara itu, di Indonesia permintaan terhadap minyak ikan cukup tinggi sehingga ikan teri dapat dimanfaatkan sebagai sumber alternatif minyak ikan untuk memenuhi permintaan pasar. Minyak ikan itu sendiri merupakan sumber asam lemak omega 3 yang tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga harus dipenuhi kebutuhan nutrisinya dari luar.Ulasan literature dilakukan dengan metode systematic review. Pengerjaan ulasan dilakukan dengan penentuan topik ulasan, pembuatan judul, penentuan tujuan ulasan, pencarian dan pengumpulan literature. Literature yang digunakan dalam membuat tulisan ini berasal dari publikasi artikel- artikel penelitian pada jurnal nasional dan internasional. Hasil review yaitu pada tahapan analisis asam lemak esensial pada minyak ikan teri dilakukan mulai dari proses pembuatan minyak ikan dengan berbagai macam metode ekstrasi yaitu seperti hidrolisis enzimatis dengan menggunakan enzim lipase yang berasal dari mikroorganisme tertentu, sedangkan pada metode ekstraksi fluida superkritis (SFE) menggunakan gas karbondioksida sebagai pelarut utamanya yang ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali sedangkan pada metode esktraksi soxhlet menggunakan suhu yang berkisar antara 40-60oC. Setelah itu hasil dari ekstraksi minyak ikan akan dianalisis dengan menggunakan gas kromatografi.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 23 Oct 2021 03:14
Last Modified: 23 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185262
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CAHYUNDA SAFIRA ADITIRTA CANDRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item