Simanjuntak, Christina Yolanda (2021) Peran DPM-PTSP dalam Kerja Sama pada Mal Pelayanan Publik (Studi pada Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Pemerintah Kota Bekasi menemukan beberapa hambatan dalam pelayanan publik seperti pelayanan yang lama, berbelit – belit, pungutan liar serta calo dalam memperoleh layanan publik. Sehingga pemerintah ingin mengadakan perubahan dalam proses pelayanan publik. DPM-PTSP Kota Bekasi yang ditunjuk menjadi penyelenggara Mal Pelayanan Publik Kota memiliki peran penanggung jawab dalam menjalin kerja sama antar mitra yang ingin terlibat dalam Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi sehingga pada proses penyelenggaran pelayanan publik di Kota Bekasi dapat lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisa peran DPM-PTSP Kota Bekasi dalam kerja sama pada pelaksanaan Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi dan untuk mendeskripsikan serta menganalisa faktor – faktor yang dapat menghambat DPM-PTSP Kota Bekasi dalam kerja sama pelaksanaan Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi. Jenis penelitian mengunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil pada penelitian ini memberikan perolehan analisa bahwa peran DPM-PTSP Kota Bekasi dalam kerja sama pada Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi sudah mampu mengajak berbagai instansi untuk ikut serta dalam pelayanan publik. Mulai dari kebijakan, perjanjian kerja sama yang dikeluarkan, SOP yang diberlakukan hingga koordinasi. Serta masyarakat secara langsung dapat merasakan perubahan kualitas layanan yang diberikan melalui kerja sama dalam pelaksanaan Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi, dan aksesbilitas yang semakin terjangkau. Hambatan yang bisa terjadi baik sumber daya, struktur institus, dan konflik kepentingan dapat dikendalikan oleh DPM-PTSP Kota Bekasi dengan baik. Namun penambahan mitra dalam kerja sama dan pemaksimalan fasilitas diharapkan dalam proses pengembangan selanjutnya."
English Abstract
The Government Bekasi City found several obstacles in public services such as long, convoluted services, illegal fees, and brokers in obtaining public services. Seeing the situation and condition of the government Bekasi City wanting to make changes in the field of public services, and the government participates in the execution of the Public Service Mall at Bekasi City. DPMPTSP Bekasi City appointed as the organizer of the Public Service Mall Bekasi City has a responsible role in establishing cooperation between partners who want to be involved in the Public Service Mall Bekasi City so that process of providing public services in Bekasi City can be better. The aims of the study are: (1) To describe and analyze the role of DPMPTSP Bekasi City in partnership on the execution of the Public Service Mall Bekasi City. (2) To describe and analyze the factors that can hinder DPM-PTSP Bekasi City in the execution of the Public Service Mall Bekasi City. The results of this study provide an analysis the role of DPM-PTSP Bekasi City in partnerships on the Public Service Mall Bekasi City has been able to invite various agencies to participate in public services. Starting from policies, parnertship agreements issued, SOP enforced to coordination according to the analytical variables of partnership (Rainey, 1990). And the public can directly feel the change in services provided through partnerships in the execution of the Public Service Mall Bekasi City, and increasingly affordable accessibility. Obstacles that can occur in terms of resources, institutional structure, and conflicts of interest can be controlled by DPM-PTSP Bekasi City. The conclusion obtained in the reasearch is that the role of DPM-PTSP Bekasi City in carrying out partnership between institution on the Public Service Mall Bekasi City has going well both in terms of tasks, policies, participating institution, autonomy and accountability, coordination, and even satisfaction accepting by society from public service. Cooperation can be an ingredient to improve integrity in public services. However, to improve the implementation of the Public Service Mall Bekasi City, DPM-PTSP Bekasi City is expected to be able to expand cooperation with other parties and add facilities that can more facilitate the community in the service process.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052103 |
Uncontrolled Keywords: | Kerja Sama, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Mal Pelayanan Publik, Partnership, One Stop Service, Public Services Mall |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username nurmasudah |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 03:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 07:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185261 |
![]() |
Text
CHRISTINA YOLANDA SIMANJUNTAK.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |