Komalasari, Candini (2021) Pengaruh Pesan Kelangkaan Terhadap Keinginan Membeli Konsumen Selama Pandemi Covid-19 (Survei Pada Pengguna Marketplace Shopee di Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengaruh antara Pesan Kelangkaan dengan Minat Beli memiliki hubungan yaitu Pesan kelangkaan merupakan suatu bentuk promosi yang efektif untuk meningkatkan keinginan membeli. Pesan kelangkaan yang di pasang pada suatu iklan mampu meningkatkan pembelian terhadap produk yang ditawarkan karena termasuk kedalam bagian promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah strategi pesan kelangkaan pada Shopee tepat digunakan dalam berpromosi Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi Pesan Kelangkaan dan Minat Beli. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Wilayah DKI Jakarta serta pernah atau aktif menggunakan Shopee selama pandemi Covid-19. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 116 responden dengan instrument penelitian kuesioner online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu: 1) Masyarakat yang tinggal dan menetap di wilayah DKI Jakarta, 2) Pria atau wanita berumur diatas 17 tahun, 3) pengguna marketplace Shopee, 4) Pernah atau masih aktif menggunakan Shopee selama pandemi Covid-19, 5) Pernah/ mengetahui promosi Shopee yang ada di website atau aplikasi Hasil analisi regresi linear sederhana menunjukan bahwa Pesan Kelangkaan (X) berpengaruh signfikan dan positif terhadap Minat Beli (Y) dengan uji statistik pada uji t yaitu sebesar (5.477>1.981) dengan nilai signifikan p-value lebih kecil dari α (0.000 < 0.050). Dengan uji Determinasi (R2 ) variabel bebas Pesan Kelangaan (X) terhadap Minat Beli (Y) melalui (R Square) sebesar 0.208
English Abstract
The effect of Scarcity Message with Buying Interest has a relationship that is an effective form of promotion to increase purchase intention. The scarcity message that is installed in an advertisement can increase purchases of the products offered because it is included in the sales promotion section. This study aims to see if the scarcity message strategy on Shopee is appropriate for promotion The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The variables studied include Scarcity Message and Buying Interest. The population of this research is people who are in the DKI Jakarta area and have been actively using Shopee during the Covid-19 pandemic. The sample used in this study was 116 respondents with an online questionnaire research instrument. The sampling technique used is purposive sampling with the sample criteria, namely: 1) People who live and settle in the DKI Jakarta area, 2) Male or female aged over 17 years, 3) Shopee marketplace users, 4) Have or are still actively using Shopee during Covid-19 pandemic, 5) Have heard of Shopee promotions on the website or application The results of simple linear regression analysis show that Scarcity Message (X) has a significant and positive effect on Purchase Interest (Y) with a statistical test on the t-test, namely (5,477>1,981) with a significant p-value smaller than (0.000 < 0.050) . With the Determination test (R2), the independent variable is Kelangaan Message (X) on Purchase Interest (Y) through (R Square) of 0.208
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052103 |
Uncontrolled Keywords: | : Pesan Kelangkaan, Minat Beli , Marketplace, : Scarcity Message,Purchase Intention, Marketplace |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username nurmasudah |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 02:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185238 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
candini komalasari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |