Perjuangan Rachel Kim sebagai Idola K-Pop Digambarkan Dalam Buku Shine Karya Jessica Jung.

Maniar, Rima. (2021) Perjuangan Rachel Kim sebagai Idola K-Pop Digambarkan Dalam Buku Shine Karya Jessica Jung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perudungan merupakan peristiwa yang sering dijumpai sekarang dan menjadikannya masalah yang dialami banyak orang. Seseorang yang merasakan perudungan butuh perjuangan lebih untuk membela diri sendiri karena kata-kata kejam yang di ujarkan terus menerus. Perudungan masuk kesetiap ranah manusia ketika berinteraksi karena perudungan merupakan respon seseorang ketika tidak berhasil dalam berkomunikasi. Salah satu karya terkenal yang menunjukkan perudungan adalah novel Shine yang ditulis oleh Jessica Jung. Novel ini menunjukkan tantangan calon k-pop idol untuk debut sebagai tema utama. Penelitian ini menggunakan Shine sebagai objek material untuk menganalisis pengalaman bullying Rachel yang terungkap melalui simbol dalam Jessica Jung’s Shine Penelitian ini menggunakan pendekatan New Criticism dalam literatur sebagai perspektif untuk menganalisis data. Selanjutnya, jenis teori bullying dari Riauskina akan digunakan sebagai teori utama dalam melakukan analisis data.Penelitian ini juga membagi tipe perudungan menjadi tiga, yaitu perudungan verbal, sosial, dan fisik. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa terdapat beberapa tipe perudungan yang ada di dalam novel. Berdasarkan tipe yang sudah disebutkan sebelumnya, yang termasuk dalam perudungan verbal yaitu ujaran kata kasar, lalu perudungan sosial yaitu mempermalukan korban di depan umum. Sedangkan, perudungan fisik meliputi saling mendorong dan melukai tubuh korban. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisa karakter seorang perudung di gambarkan sebagai sisi rentan anak kaya raya terhadap stereotip.

English Abstract

Bullying is commonly found in nowadays society and it is a problem experienced by many people. Someone who feels bullied needs more struggle to defend themselves because of the harsh words that are said continuously. Bullying enters every human realm when socializing because bullying is a person's response when they are not successful in communicating. One of the popular works that show bullying is the novel Shine written by Jessica Jung. This novel shows the challenge of aspiring K-pop idols to debut as the main theme. This study uses Shine as a material object to analyze Rachel’s bullying experience revealed through the symbol in Jessica Jung’s Shine. This study uses the New Criticism approach in literature as the perspective to analyze the data. Furthermore, the type of bullying theory from Riasukina will be used as the main theory in conducting data analysis. This study also divides bullying into three types, namely verbal, social, and physical bullying. The result of the research shows that there are several types of bullying in the novel. Based on the types previously mentioned, verbal bullying includes harsh words, then social bullying includes humiliating the victim in public. Meanwhile, physical abuse includes pushing and injuring the victim's body. Therefore, the next researcher is suggested to analyze the role of the bully in the portrayal of rich kids’ vulnerable side against the stereotype.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 00:37
Last Modified: 23 Feb 2022 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185215
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rima Maniar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (838kB)

Actions (login required)

View Item View Item