Arsita, Rila Deny (2021) Motivasi dan Kesulitan Belajar Penerjemah di Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya: Studi Kasus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi non-verbal merupakan komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, tidak menggunakan intonasi suara dan kecepatan bicara, tetapi menggunakan bahasa tubuh seperti ekspresi wajah dan gerakan tangan. Bahasa isyarat merupakan salah satu contoh bentuk komunikasi non-verbal. Penerjemah dari Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan mahasiswa tunarungu di Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui motivasi penerjemah dalam berkomunikasi dengan siswa tunarungu, (2) menemukan kesulitan penerjemah dalam berkomunikasi dengan siswa tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dikemukakan oleh Mack (2005). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstuktur. Penelitian ini menggunakan dua teori utama yang dikemukakan oleh Gardner (1985), dan Syah (2003) dalam menganalisis data. Teori-teori tersebut masingmasing tentang motivasi dan kesulitan belajar bahasa isyarat. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kedua penerjemah memiliki motivasi integratif dan instrumental dalam mempelajari bahasa isyarat. Keduanya mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa isyarat. Penerjemah pertama mengalami kesulitan dalam membaca ekspresi wajah, mengikuti pelajaran yang diberikan oleh pelatih dan menghafal isyarat. Penerjemah kedua mengalami kesulitan ketika menemukan kosakata atau istilah baru dan visualisasi isyarat. Dapat disimpulkan bahwa setiap individu memiliki motivasi dan kesulitan dalam mempelajari bahasa isyarat yang mungkin berbeda satu sama lain. Mereka memiliki langkah dan cara tersendiri untuk mengatasi hambatan tersebut guna mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menguasai bahasa isyarat.
English Abstract
Non-verbal communication is communication that does not use words, voice intonation and the speed of speech, but it uses body language such as facial expressions and hand movements. Sign language is an example of a form of nonverbal communication. The interpreters of Center for Disability Studies and Services (CDSS) Universitas Brawijaya use sign language to communicate with deaf students at the university. This study aims to: (1) identify the motivations of interpreters in learning sign language, and (2) reveal the difficulties of the interpreters in learning sign language. The method used in the study was descriptive qualitative proposed by Mack (2005). The data were collected through an semi-structured interview. To examine the data, the researcher invovled two interpreters from CDSS who joined and learned sign language formally for one year in this institution.This study utilized two main theories proposed by Gardner (1985), and Syah (2003) in analyzing the data. Those theories are about factors motivation and difficulties in learning sign language.This study revealed that both of the interpreters had integrative and instrumental motivations in learning sign language. Both of them experienced difficulties in learning sign language. The first interpreter experienced difficulties in reading facial expressions, catching up with the lessons given by the tutors and memorizing signs. The second interpreter experienced difficulties when encountering new vocabulary or terms and sign visualizations. It can be concluded that individually, people have their motivations and difficulties in learning a sign language which might be different one to another. They have their own pace and ways to overcome the obstacles in order to develop their knowledge and skills in mastering the sign language
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 00:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185214 |
![]() |
Text
Rila Deny Arsita.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |