Identitas Budaya yang Terkandung di Wagashi dalam Drama There’s Something Wrong with Us Karya Sutradara Inomata Ryuichi, Akashi Hiroto, dan Komura Naoko.

Amalia,, Rieke (2021) Identitas Budaya yang Terkandung di Wagashi dalam Drama There’s Something Wrong with Us Karya Sutradara Inomata Ryuichi, Akashi Hiroto, dan Komura Naoko. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek berupa wagashi yang terdapat di drama There’s Something Wrong with Us Karya Sutradara Inomata Ryuichi, Akashi Hiroto, dan Komura Naoko. Drama ini menggambarkan bentuk, warna, dan motif wagashi yang dibuat oleh tokoh dalam drama. Wagashi adalah salah satu identitas budaya Jepang yang mengalami perkembangan dan perubahan seiring modernisasi. Wagashi dalam drama ini dibuat dengan bentuk, warna, dan motif yang terinspirasi dari keindahan alam Jepang. Fokus penelitian ini terletak pada unsur-unsur alam yang dihadirkan dalam wagashi dan makna baru wagashi yang dibuat oleh para tokoh dalam drama. Penulis menggunakan konsep wagashi Mitsuo Yabu untuk menjelaskan unsurunsur pembentuk wagashi secara tradisional. Untuk menemukan makna baru wagashi yang dibuat oleh para tokoh dalam drama menggunakan teori identitas budaya Stuart Hall. Teori mise-en-scene digunakan untuk membantu menganalisis drama tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa wagashi yang dibuat dalam drama memiliki unsur-unsur pembentuk wagashi, yaitu penampilan, suara, dan aroma. Makna setiap wagashi yang dibuat oleh para tokoh dalam drama, yakni 1) sebagai bentuk pujian, 2) sebagai bentuk harapan untuk pernikahan, 3) sebagai sindiran, 4) sebagai bentuk cinta kasih orang tua kepada anaknya, dan 5) keindahan fenomena alam. Pemberian dan perubahan makna wagashi tergantung dari keinginan dan harapan pembuat wagashi. Hal ini menunjukkan bahwa wagashi juga memiliki makna personal, tidak sebatas makna yang dibuat oleh kelompok atau masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa selain sebagai identitas budaya Jepang, dalam hal ini makanan, wagashi juga memiliki makna yang dapat dibuat secara personal. Hal ini menunjukkan idenititas budaya yang bersifat dapat berubah dan dinamis.

English Abstract

-

Other obstract

本研究の対象は小室直子・猪俣隆一・明石広人・水野格監督ドラマ『私た ちはどうかしている』の和菓子である。このドラマは、ドラマの俳優が作っ た和菓子の形、色、モチーフを描いている。和菓子は近代化するにつれて成長 し変化する日本の文化的アイデンティティの一つである。 このドラマの和菓子は、 日本の自然の美しさに触発された形、色、モチーフで作られている。この調 査の焦点は、和菓子に登場する自然の要素と、ドラマの俳優によって生み出 された和菓子の新しい意味にある。 この研究の中で筆者は、藪光生の和菓子のコンセプトを用いて、伝統的 な和菓子作りの要素を説明している。そして、ドラマの俳優が生み出す和菓 子の新しい意味を見つけるために、スチュアート・ホールの文化的アイデン ティティの理論を使用した。ミセ・エン・シーン理論はドラマの分析を支援 するために使用した。 本研究の結果は、和菓子作りに欠かせない要素、つまり形、音、香りがわ かった。ドラマに登場する和菓子メーカーが作る各和菓子の意味は、1)褒 め言葉として、2)結婚の希望として、3)風刺として、4)子供への親の 愛として、5)自然ん現象の美しさだった。 和菓子メーカーの願いや期待に 応じて和菓子の意味を与えたり変えたりする。これは、和菓子にも個人的な 意味があり、グループやコミュニティによって生み出された意味に限定され ないことを示しているだろう。そして 日本の文化的アイデンティティ、この 場合は食べ物であるだけでなく、和菓子にも個人的に作ることができる意味 があることを示している。それだけでなく、変化しやすく動的な文化的アイ デンティティを示していることがわかった

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 00:25
Last Modified: 03 Oct 2024 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185213
[thumbnail of Rieke Amalia.pdf] Text
Rieke Amalia.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item