Struktur Rupa dan Makna Simbolik Topeng Dongkrek Krido Sakti di Desa Mejayan Caruban Kabupaten Madiun

Mustika, Ratna (2021) Struktur Rupa dan Makna Simbolik Topeng Dongkrek Krido Sakti di Desa Mejayan Caruban Kabupaten Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dongkrek merupakan kesenian yang dipentaskan dengan ciri khas menggunakan topeng dengan karakter perwujudan tokoh-tokoh tertentu. Topeng topeng tersebut mempunyai nilai simbolis serta unsur pendukung dalam sejarah sebagai gambaran watak dalam peran kesenian ini. Sanggar Krido Sakti merupakan salah satu penerus dari kesenian Dongkrek yang masih bertahan mempergunakan topeng sebagai media pertunjukannya hingga saat ini. Topeng dongkrek di sanggar Krido Sakti diantaranya : (1) Raden Lo Prawirodipuro, (2) Roro Tumpi, (3) Roro Perot, (4) Gendruwo Hitam, (5) Gendruwo Merah, (6) Gendruwo Kuning, dan (7) Gendruwo Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur rupa dan mengungkap makna simbolik topeng Dongkrek Krido Sakti di Desa Mejayan Caruban Kabupaten Madiun. Pendekatan kualitatif dan analisis dokumen digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh dari hasil rekaman wawancara dari subjek penelitian dari objek topeng dongkrek. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan alur proses analisis data dalam penelitian kualitatif menurut Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian ini 1) Dalam Struktur rupa topeng dongkrek sanggar Krido Sakti mempunyai bentuk dasar wajah oval dan kotak. Bentuk dasar oval di dominasi oleh tokoh yang menyerupai wajah asli manusia (Raden Lo Prawirodipuro, Roro Tumpi dan Roro Perot). Sedangkan bentuk dasar kotak di miliki oleh wajah karakter genderuwo (Gendruwo Hitam, Merah, Kuning, dan Putih). 2) Makna simbolik topeng dongkrek tidak lepas dari ajaran kebenaran yang selalu menang, ketenangan, kesabaran, keyakinan, kesahajaan, dan kerja keras yang di perankan setiap tokohnya. a) Makna simbolik peran baik, bijaksana, memiliki nafsu Mutmainah, mampu mengendalikan hawa nafsu dan taat pada agama terdapat pada topeng Raden Lo Prawirodipuro. b) Tokoh Raden Ayu (abdi Raden Lo Prawirodipuro) memiliki makna simbolik nafsu mutmainah, dapat mengendalikan hawa nafsu dan selalu berdoa untuk meminta bantuan Tuhan. c) Topeng Roro Perot mempunyai wajah manusia yang mempunyai bibir perot, makna simbolis dari abdi Raden Lo Prawirodipuro ini mempunyai sifat setia dan patuh namun juga mempunyai watak yang kurang baik yaitu sering membicarakan keburukan-keburukan orang lain. d) Dari keempat topeng genderuwo juga mempunyai makna simbolik perwujudan karakter baik dan karakter jahat. Karakter baik di wakili dari wajah genderuwo berwarna putih dan kuning, sedangkan karakter jahat diwakili wajah hitam dan merah

English Abstract

Dongkrek is an art that is staged with the characteristic of using masks with the embodiment of certain characters. These masks have symbolic value as well as supporting elements in history as a description of the character in the role of this art. Sanggar Krido Sakti is one of the successors of the Dongkrek art which still uses masks as a medium for its performances to this day. Dongkrek masks at the Krido Sakti studio include: (1) Raden Lo Prawirodipuro, (2) Roro Tumpi, (3) Roro Perot, (4) Black Gendruwo, (5) Red Gendruwo, (6) Yellow Gendruwo, and (7) Gendruwo White. This study aims to determine the visual structure and reveal the symbolic meaning of the Dongkrek Krido Sakti mask in the village of Mejayan Caruban, Madiun Regency. Qualitative approaches and document analysis were used in this study. The research data was obtained from the interview recordings of the research subjects from the jackhammer mask object. In analyzing the data, the researcher used the flow of the data analysis process in qualitative research according to Miles and Huberman (1984). The results of this study 1) In the visual structure, the mask of the Krido Sakti studio has the basic shape of an oval and square face. The basic oval shape is dominated by characters that resemble real human faces (Raden Lo Prawirodipuro, Roro Tumpi and Roro Perot). While the basic shape of the box is owned by the face of the genderuwo character (Black, Red, Yellow, and White Gender). 2) The symbolic meaning of the jackkrek mask cannot be separated from the teachings of truth which always wins, calmness, patience, belief, modesty, and hard work played by each character. a) The symbolic meaning of the role of being good, wise, having Mutmainah lust, being able to control lust and being obedient to religion is found in Raden Lo Prawirodipuro's mask. b) The character of Raden Ayu (servant of Raden Lo Prawirodipuro) has a symbolic meaning of mutmainah lust, can control his passions and always pray for God's help. c) The Roro Perot mask has a human face that has perot lips, the symbolic meaning of this servant of Raden Lo Prawirodipuro has a loyal and obedient nature but also has a bad character, which is often talking about the bad things of others. d) Of the four masks, genderuwo also has a symbolic meaning of the embodiment of good and evil characters. Good characters are represented by genderuwo's white and yellow faces, while bad characters are represented by black and red faces

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 00:10
Last Modified: 24 Feb 2022 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185211
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RATNA MUSTIKA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item