Penggunaan Adjektiva Awatadashii dan Isogashii sebagai Sinonim dalam The Asahi Shimbun Digital dan Ameblo.

Andriani,, Putri Alif „Aisyah (2021) Penggunaan Adjektiva Awatadashii dan Isogashii sebagai Sinonim dalam The Asahi Shimbun Digital dan Ameblo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam bahasa Jepang, sering ditemukan kosa kata yang memiliki persamaan makna dengan kata lainnya, sehingga membuat pembelajar bahasa Jepang sering kesulitan dalam memahami perbedaannya. Adjektiva awatadashii dan isogashii merupakan salah satu contoh kata yang memiliki persamaan makna karena sama-sama menyatakan makna „sibuk‟. Oleh karena itu, penulis menggunakan adjektiva awatadashii dan isogashii sebagai objek penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna, serta persamaan dan perbedaan yang terkandung dalam kedua adjektiva tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode analisis deskriptif. Data yang digunakan diambil dari 2 jenis sumber yaitu platform surat kabar elektronik “The Asahi Shimbun Digital” sebagai sumber data primer dan situs Ameblo sebagai sumber data sekunder. Dari hasil penelitian ini, ditemukan 46 data yang terdiri dari 24 data yang mengandung adjektiva awatadashii dan 22 data yang mengandung adjektiva isogashii. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa awatadashii dan isogashii tidak selalu dapat saling menggantikan sesuai dengan makna yang dihasilkan.

English Abstract

-

Other obstract

日本語で語形が違っているが意味が似ている語彙がよく見られるため、 学習者が相違点を理解する時分かりにくくさせることが多い。例えば同じ く「Sibuk」を意味する形容詞の「慌ただしい」と「忙しい」である。従 って、著者は研究対象として「慌ただしい」と「忙しい」を使用する。目 的はその二つの形容詞がどんな文脈を表すのかや類似点や相違点と記述す ることである。 本研究は記述的な分析方法のアプローチを使用した質的研究である。分 析対象となったデータは 2 種類があり、電子新聞プラットフォーム『朝日 新聞ディジタル』が 1 次データとして使用され、そして『アメブロ』と言 うサイトが 2 次データとして使用される。 本研究の結果、46 のデータが発見された。その中「慌ただしい」を含 むデータは 24 データで、「忙しい」を含むデータは 22 データが発見され た。それから、分析の結果によると、その二つの形容詞は表れる意味に忚 じていつも入れ換えられないことが分かる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 00:06
Last Modified: 24 Feb 2022 04:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185210
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Alif Aisyah Andriani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item