Perilaku Konsumtif Penggemar Manga Komunitas Komik Indonesia Dan Faktor Pendorongnya

Alifianti,, Pricylia Wulanda (2021) Perilaku Konsumtif Penggemar Manga Komunitas Komik Indonesia Dan Faktor Pendorongnya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengonsumsi suatu produk secara berlebihan dan tidak rasional. Perilaku konsumtif biasanya lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Seseorang dengan perilaku konsumtif akan membeli produk yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi mereka. Perilaku konsumtif dapat dilihat dari penggemar manga pada komunitas Komik Indonesia yang terdapat pada aplikasi Discord. Mereka rela menghabiskan sebagian besar uangnya untuk membeli manga yang diinginkan. Mulai dari manga terbitan lokal hingga manga impor yang memiliki perbandingan harga yang jauh lebih tinggi. Berdasarkan pendapat ahli, terdapat beberapa aspek dan faktor pendorong yang menyebabkan seseorang berperilaku konsumtif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perilaku konsumtif penggemar manga pada komunitas Komik Indonesia serta apa saja faktor pendorongnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara kepada empat penggemar manga. Hasil penelitian menunjukkan adanya pembelian secara impulsif (impulsive buying), pemborosan (wasteful buying) dan mencari kenangan (nonrational buying). Lalu, faktor pendorong penggemar manga dalam berperilaku konsumtif yakni disebabkan oleh adanya faktor budaya, faktor sosial yang terbagi menjadi kelompok referensi dan keluarga, faktor pribadi yang terbagi menjadi usia dan tahap siklus hidup, dan gaya hidup, serta faktor psikologis yang terbagi menjadi motivasi, persepsi, sikap dan keyakinan

English Abstract

-

Other obstract

消費的行動とは、製品を過度かつ不自然に消費する行動である。消費 的行動はいつも何時もニーズよりも欲求に関心がある。消費行動の人は、 特別な機能を備えた製品を購入する。消費的行動は、Discord にいたイン ドネシアのコミックコミュニティのマンガファンで見ることができる。望 むマンガを買うために彼らはお金のほとんどを費やすことをいとわない。 地元で出版されたマンガから高い輸入マンガまでである。専門家によると 消費的行動にはいくつかの側面と推進要因がある。そのため、この研究は、 インドネシアのコミックコミュニティのマンガファンの消費的行動と推進 要因を研究することを目的としている。使用した研究方法は、記述的定性 的手法である。情報元は 4 人のマンガファンへのインタビューから得た。 調査の結果は、衝動的な購入、無駄な購入、および非合理的な購入がある ことを示している。さらに、消費的行動の推進要因は、文化的要因、参照 グループと家族に分けられる社会的要因、年齢とライフサイクルの段階と ライフスタイルに分けられる個人的要因、動機や知覚や態度や信念に分け られる心理的要因である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 23:42
Last Modified: 30 Sep 2024 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185208
[thumbnail of Pricylia Wulanda.pdf] Text
Pricylia Wulanda.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item