PENILAIAN AKURASI ALGORITMA SATELLITE-DERIVED BATHYMETRY DATA CITRA PLANETSCOPE

Sekar Sesama, Asih (2021) PENILAIAN AKURASI ALGORITMA SATELLITE-DERIVED BATHYMETRY DATA CITRA PLANETSCOPE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Batimetri mengacu pada kedalaman dasar laut relatif terhadap permukaan air terendah. Pemetaan batimetri menggunakan penginderaan jauh menawarkan metode yang lebih fleksibel, efisien, dan hemat biaya serta mencakup area yang luas. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan tingkat keakurasian antara algoritma Stumpf dan Lyzenga dalam estimasi batimetri menggunakan data citra satelit PlanetScope. Penelitian ini menggunakan citra satelit PlanetScope level 3B dan data survei terkoreksi pasang surut. Metode ekstraksi batimetri menggunakan algoritma Stumpf dan algoritma Lyzenga. Lokasi penelitian berada di Pulau Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Berdasarkan hasil pengolahan data, kemampuan estimasi menggunakan algoritma Stumpf adalah hingga 17.97 m apabila menggunakan algoritma Lyzenga mampu mengestimasi hingga 33 m. Pada hasil uji statistika didapatkan hasil pada masing-masing algoritma yaitu Lyzenga sebesar 0,81 dan Stumpf 0,76. Perhitungan akurasi dengan Confusion Matrix menunjukkan nilai akurasi keseluruhan algoritma Lyzenga sebesar 83% dan Stumpf sebesar 76%. Dari hasil tersebut, estimasi kedalaman dengan algoritma Lyzenga memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan algoritma Stumpf.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: agung
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:05
Last Modified: 24 Feb 2022 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185204
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Asih Sekar Sesama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item