Klasterisasi Spasial Keragaman Hasil Tangkapan Purse Seine di Perairan Selatan Jawa, Kabupaten Pacitan

Setya Reandita, Annisa and Ledhyane Ika Harlyan, S. Pi., M. Sc., Ph. D, - and Dr. Ir. Gatut Bintoro, M. Sc, - (2021) Klasterisasi Spasial Keragaman Hasil Tangkapan Purse Seine di Perairan Selatan Jawa, Kabupaten Pacitan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Samudra hindia dan termasuk ke dalam jalur penangkapan ikan WPP 573. Purse seine merupakan alat tangkap yang dominan di UPT PPP Tamperan. Purse seine merupakan alat penangkapan yang bersifat multispesies. Pengoperasian alat tangkap purse seine yang terus meningkat dapat mengakibatkan kelangkaan terhadap sumber daya ikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat klasterisasi daerah penangkapan ikan pelagis yang didaratkan oleh kapal purse seine berdasarkan spesies atau kelompok spesies, dengan memberikan informasi indikasi geografis daerah penangkapan ikan pelagis potensial pada perairan Selatan Jawa. Analisis data dilakukan menggunakan indeks keanekaragaman spesies, indeks kekayaan spesies, dan analisis klaster. Ditemukan 2 tangkapan dominan di setiap klaster yaitu ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) dan Ikan layang (Decapterus spp). Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa wilayah potensial yang terdapat di perairan selatan jawa yaitu pada sekitaran 110° 52° - 111° 50° BT, 9° 43° - 9° - 50°LS.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: agung
Date Deposited: 22 Oct 2021 14:14
Last Modified: 07 Oct 2024 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185190
[thumbnail of ANNISA SETYA REANDITA.pdf] Text
ANNISA SETYA REANDITA.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item