Representasi Kearifan Lingkungan dalam Buku Cerita Anak Berjudul Aku dan Alam Semesta Karya De Laras.

Ninit, Dwi Saputri, (2021) Representasi Kearifan Lingkungan dalam Buku Cerita Anak Berjudul Aku dan Alam Semesta Karya De Laras. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis ekologi merupakan salah satu kasus yang kerap diperbincangkan, terutama dalam lingkup sastra. Pemahaman mengenai pentingnya menjaga lingkungan hendaknya ditanamkan dalam diri setiap manusia dan dilakukan sejak dini. Pendidikan sejak dini merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk karakter cinta lingkungan kepada anak-anak. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membentuk karakter pada anak adalah media karya sastra. Penelitian ini menjabarkan tentang ekologi melalui kritik sastra. Fokus utama penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi kearifan lingkungan yang terdapat dalam buku cerita anak berjudul Áku dan Alam Semesta karya De Laras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lingkungan. Data yang terdapat pada penelitian ini berupa narasi, dialog, dan monolog yang bersumber dari buku cerita anak berjudul Aku dan Alam Semesta karya De Laras yang memiliki sepuluh cerita, dari sepuluh cerita tersebut ada tujuh cerita terpilih yang berkaitan dengan kearifan lingkungan. Penelitian ini menggunakan teori ekokritik sastra khususnya model kajian etis. Hasil penelitian ini memamparkan tentang representasi kearifan lingkungan yang dimuat dalam buku cerita Aku dan Alam Semesta karya De Laras yang diwujudkan dengan kesadaran bahwa alam mempunyai integritas dan nilai pada dirinya sendiri, serta memberikan penghargaan terhadap alam untuk berada, hidup, tumbuh, dan berkembang. Selain itu, representasi kearifan lingkungan juga dapat diwujudkan melalui perilaku merawat, memelihara, dan melestarikan lingkungan. Apabila terjadi kerusakan lingkungan, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Representasi kearifan lingkungan juga ditunjukkan melalui perilaku turut merasakan apa yang dirasakan oleh alam dan melakukan upaya penyelamatan alam. Tidak hanya itu, representasi kearifan lingkungan dapat diwujudkan dengan perilaku melindungi, memelihara, dan tidak menyakiti makhluk hidup lainnya serta tidak mengancam eksistensi makhluk hidup lain dengan tidak merugikan alam secara tidak perlu.

English Abstract

The ecological crisis is one of the cases that is often discussed, especially in the scope of literature. An understanding of the importance of understanding the environment is instilled in every human being and carried out from an early age. Early education is a means that can be used to shape the character of love for the environment in children. One of the media that can be used to shape the character in children is the media of literary works. This research describes ecology through literary criticism. The main focus of this research is the representation of environmental wisdom contained in the story book My Child and the Universe by De Laras. This type of research is a qualitative descriptive study that describes the values of environmental wisdom. The data contained in this study are dialogues, and monologues sourced from a children's story book entitled Aku dan Alam Semesta by De Laras which has ten stories, of the ten stories there are seven selected stories related to environmental wisdom. This study uses the theory of literary ecocriticism, especially the ethical study model. The results of this study describe the representation of environmental wisdom contained in the story book Aku dan Alam Semesta by De Laras which is realized by realizing that nature has integrity and value in itself, and gives appreciation to nature for being, living, growing, and developing. In addition, the representation of environmental wisdom can also be realized through caring, nurturing, and environmental behavior. If there is environmental damage, then it is a shared responsibility. The representation of environmental wisdom is also shown through the behavior of feeling what nature feels and making efforts through nature. Not only that, the representation of environmental wisdom can be realized by protecting, nurturing, and not other living creatures and not threatening the existence of living things by not harming nature unnecessarily.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 12:18
Last Modified: 24 Sep 2024 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185159
[thumbnail of Ninit Dwi Saputri.pdf] Text
Ninit Dwi Saputri.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item