Sholeh, Muhammad (2021) Masalah Menulis Yang Dihadapi Siswa Kelas 7 SMP Diponegoro Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menulis adalah kegiatan jangka panjang tentang bagaimana kita memproses setiap apa yang pernah kita baca dan dengar, kemudian menghasilkan beberapa ide baru dan mengekspresikannya ke dalam kertas secara struktural. Umumnya, membuat tulisan yang baik tidak mudah karena hasil dari bacaan yang baik, pendengaran yang baik dan struktur tata bahasa yang baik. Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Inggris, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyusun paragraf dan mengembangkan gagasan utama paragraf. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui masalah siswa dalam menulis paragraf teks deskriptif pada semester kedua. kelas VII SMP Diponegoro Batu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengetahui masalah siswa dalam menulis teks deskriptif di SMP Diponegoro Batu. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti memilih kelas VII A dan guru bahasa Inggris sebagai subjek penelitian. Jumlah siswa VII A adalah 29 siswa tetapi guru memilih 14 siswa sebagai jumlah peserta. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan tiga langkah yang dilakukan oleh Donald Ary dkk, yaitu: Familiarizing and Organizing, Coding and Reducing, Interpreting and Representing.viii Ada tiga masalah dalam masalah kognitif yang dihadapi siswa, yaitu; Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi gagasan utama, mereka tidak fokus pada gagasan utama dari hal yang mereka gambarkan. Kedua, siswa kurang memahami tentang cara mengembangkan ide pokok paragraf, sebagian dari mereka tidak memiliki latar belakang pengetahuan tentang apa yang mereka uraikan, sehingga menimbulkan masalah pada aspek isi. Ketiga, siswa tidak memahami tentang struktur generik teks deskriptif, praktis beberapa dari mereka hanya membuat satu paragraf dan itu menyebabkan masalah dalam organisasi
English Abstract
Writing is a long term activity about how we proccess everyting what we ever read and listen, then produce some new ideas and express them into the papper structurally. Commonly, making a good writing is not easy as it’s the output of good reading, good listening and good grammatical structure. Based on interview with the English teacher, it was found that students had difficulties in structuring the paragraph and developing the main idea of the paragraph.. Therefore, the researcher was interested to know the students’ problem in writing descriptive text paragraph at the second semester of the seventh grade of SMP Diponegoro Batu. The objective of this research is to find and to know the students’ problem in writing descriptive text at SMP Diponegoro Batu. The research methodology used in this research is descriptive qualitative approach. The researcher chose VII A and English teacher as the subject of the research. The number of students of VII A was 29 students but the teacher choose 14 students as the number of participant.The researcher used observation, interview and documentation to gather the data. To analyze the data, the researcher used three steps by Donald Ary et al, they are: Familiarizing and Organizing, Coding and Reducing, Interpreting and Representing.x There are three problems in cognitive problems faced by the students, they are; First, the students have difficulties in identifying the main idea, they do not focus on the main idea of the thing that they described. Second, the students have less understanding about how to develop the main idea of the paragraph, some of them do not have background knowledge about what they described, it makes a problem in the content aspect. Third, the students don’t understand about the generic structure of descriptive text, practically some of them only make one paragraph and it causes a problem in organization
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 08:17 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185129 |
Text
MUHAMMAD SHOLEH.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |