"Pemanfaatan Api Midtrans Sebagai Payment Gateway Pada Pembuatan Website E-Commerce Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus : Chesspedia)"

Yusuf Maulana, Reza and Dian Eka Ratnawati,, S.Si., M.Kom (2021) "Pemanfaatan Api Midtrans Sebagai Payment Gateway Pada Pembuatan Website E-Commerce Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus : Chesspedia)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Chesspedia, merupakan merek catur yang berlokasi di Jawa Timur. Saat ini, proses pemesanan Chesspedia dilakukan melalui whatsapp dan web Chesspedia yang dapat diakses pada link https://chesspedia.my.id. Untuk pemesanan melalui web Chesspedia, pemilik memiliki kendala yang cukup signifikan, karena web e-commerce Chesspedia saat ini hanya mendukung pembayaran via transfer saja. Hal ini mengakibatkan proses verifikasi pembayaran pesanan memerlukan waktu yang cukup lama. Kendala proses pemesanan dan pembayaran yang dialami oleh pembeli menyebabkan Chesspedia kehilangan banyak calon pembeli. Untuk mengatasi kendala yang terjadi, dibangun sebuah website e-commerce dengan menggunakan metode waterfall lengkap dengan sistem manajemen pesanan, pengiriman dan pembayaran. Selain itu juga dilakukan integrasi dengan Midtrans, sebuah penyedia layanan payment gateway, untuk sistemIpembayaran otomatis. Pengujian fungsionalitas sistem menggunakan pengujian validasi kepada pengguna website e-commerce chesspedia untuk keseluruhan fungsi sistem diperoleh hasil 100% valid. Pada pengujian non-fungsionalitas sistem memakai metode System Usability Scale (SUS) dengan responden pengguna website chesspedia. Hasil pengujian website e-commerce chesspedia mendapatkan score 74 dengan kategori acceptable. Dan pengujian menggunakan Compatibility Testing, website dapat dijalankan di berbagai macam jenis browser.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 22 Oct 2021 08:02
Last Modified: 13 Dec 2023 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185119
[thumbnail of REZA YUSUF MAULANA.pdf]
Preview
Text
REZA YUSUF MAULANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item