Musofa, Muchammd Sofin (2021) Gambar Anak Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketertarikan penulis mengangkat gambar anak sebagai inspirasi dalam penciptaan karya seni lukis berawal dari pengalaman penulis dalam berinteraksi dengan anak-anak dan juga prosesnya dalam menggambar. Pengalaman ini membawa penulis akan cara pandang yang berbeda terhadap gambar anak, tidak hanya dari karakter visualnya tetapi juga dari bagaimana cara berfikir anak terhadap menggambar itu sendiri. Dalam pandangan penulis gambar anak memiliki keistimewaan karakteristik garis dan goresan dan sudut pandang, dimana gambar anak merujuk pada sistem ruang waktu datar. Sistem inilah yang menjadikan gambar anak memiliki kecenderungan penggambaran yang datar, dan melewatkan perspektif yang meruang. Penulis menemukan pula hadirnya intuisi dalam setiap objek. Intuisi inilah yang mendorong pada hadirnya daya imajinasi yang tinggi, garis dengan kualitas kejujuran dan keberanian. Maka untuk memudahkan pembacaan gambar anak dan proses penciptaanya penulis akan menggunakan beberapa teori sebagai pendekatan yakni metafora, seni naif, dan bahasa rupa. Dalam penciptaannya penulis akan menggunakan metode penciptaan L.H. Chapman dengan tiga tahapan utama yakni inception if idea, elaboration and refinement, Heention in a medium. Hasil terakhir dari tahapan-tahapan itu adalah terciptanya 6 karya seni lukis dengan mengunakan media akrilik di atas kanvas. Karya yang tercipta memiliki ukuran yang beragam. Penulis berharap dengan penciptaan karya ini akan memberi kesan dan pengalaman pada audiens dan memberikan cara pandang yang berbeda terhadap gambar anak
English Abstract
The writer's attraction raise a child's drawing as an inspiration in creating art and begin with the writer's experience of interacting with children as well as his drawing process. This experience brought the writer a different way of looking at the child's drawing, not only from his or her visual character but also from the way the children thinks about the drawing itself. In the view of the child drawing writer has special characteristics of lines and scrapes and perspectives, where a child's drawing refers to a flat space system. This system allows children to have a level depiction tendency, and it misses a coherent perspective. The author also discovered the presence of intuition in any object. This intuition that encourages heightened imagination, a line of good honest and courage. Thus, to facilitate the reading of a child's drawing and the process of creating, the writer will use some theories as an approach to metaphor, art of the naive, and likeness. In its creation the author will use L. H. Chapman's method of creation with the three main stages of inception idea, elaboration and refinement, heention in a medium. The final result of these steps is the invention of six pieces of art art by using acrylic media on the canvas. The finished work has varying sizes. The writer hopes that the creation of this work will give distinct impressions and experiences to audiences and give a different perspective to the child's image
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 700 The Arts > 700 The arts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:44 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185103 |
Text
MUCHAMMAD SOFIN MUSOFA.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |