Putra, Ryan Fakhri Permana (2021) na Putra, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Juni 2021, Pengaruh Penambahan Bioaditif Limonen Pada Emisi Gas Buang Motor Bakar Bensin Dengan Bahan Bakar N-heptana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa ini, penggunaan kendaraan bermotor khususnya mobil penumpang sangatlah masif. Angka penjualan kendaraan bermotor yang terus meningkat menjadi salah satu bukti bahwa hal tersebut terjadi. Begitu pula dengan konsumsi bahan bakar serta polusi yang dihasilkan oleh peningkatan tersebut. Bahan bakar pada umumnya memiliki aditif yang tidak baik untuk lingkungan sehingga menyebabkan kadar polusi meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penambahan zat aditif limonen pada bahan bakar heptana. Sebelumnya terdapat penelitian mengenai zat aditif limonen yang ditambahkan pada bahan bakar biodiesel oleh L. F. Micheli, karena properti limonen yang mendekati properti bahan bakar maka digunakan sebagai zat aditif pada bahan bakar diesel. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimental menggunakan mesin Honda GX 120 sebagai mesin uji serta Gas Chromatography sebagai alat analisis. Persentase konsentrasi campuran aditif yaitu 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50%, serta 80% dalam 50 ml campuran bahan bakar dan aditif. Mesin dinyalakan kemudian ditunggu keadaan putaran mesinnya hingga stabil. Konsumsi bahan bakar diambil ketika kondisi putaran mesin sudah stabil dan dilihat berapa lama mesin menghabiskan 3 ml bahan bakar. Putaran mesin pun diambil ketika kondisi mesin sudah stabil. Gas buang diambil ketika suhu mesin sudah mencapai 50 derajat celcius. Hasil gas buang diambil kemudian dianalisis menggunakan gas chromatography untuk dilihat berapa banyak kandungan karbon dioksida, karbon monoksida, serta oksigen dalam 50ul sampel injeksi. Diperoleh hasil bahwa penambahan minyak limonen akan mengurangi kadar oksigen, meningkatkan kadar karbon monoksida, serta meningkatkan kadar karbon dioksida hingga konsentrasi campuran 7% lalu menurun dari 10% hingga 80%. Selain perubahan kandungan gas buang, diperoleh juga peningkatan putaran mesin seiring bertambahnya konsentrasi campuran bahan bakar n-heptana dengan minyak limonen. Kemudian konsumsi bahan bakar pun mengalami penurunan seiring bertambahnya konsentrasi campuran.
English Abstract
Today, the use of motorized vehicles, especially passenger cars is very massive. The increasing number of motor vehicle sales is one proof that this is happening. The same applies to fuel consumption and the pollution generated by this increase. Fuel generally has additives that are not good for the environment, causing pollution levels to increase from year to year. In this study, it is proven that using limonene bioadditive will produce lower emission levels compared to conventional additives. In this analysis, it is seen that the addition of limonene with a certain concentration of n-heptane as a fuel can reduce exhaust emissions that cause pollution. The research method is experimental using a Honda GX 120 engine as a test machine and Gas Chromatography as an analytical tool. The percentage concentrations of additive mixtures are 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50%, and 80% in 50 ml of a mixture of fuel and additives. The engine is turned on then wait for the engine speed to stabilize. Fuel consumption is taken when the engine rotation conditions are stable and seen how long the engine consumes 3 ml of fuel. The engine speed is also taken when the engine condition is stable. Exhaust gas is taken when the engine temperature has reached 50 degrees Celsius. The results of the exhaust gas were taken and then analyzed using gas chromatography to see how much carbon dioxide, carbon monoxide, and oxygen contained in 50ul of the injection sample. The result acquired that limonene addttion will reduce oxygen content, increase carbon monoxide content, and increase carbon dioxide content up to 7% mix of heptane fuel and limonene additives then lowered from 10% and 80% mix. Aside from the exhaust gas content changes, engine speed will also increase as the mixing concentration increase. Then, fuel consumption will decrease as the mixing concentration increased.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 621.8 |
Uncontrolled Keywords: | Bioaditif, Emisi, Limonen, Motor Bakar Bensin, N-heptana, Bioadditives, Emissions, Limonene, Motor Fuel Gasoline, N-heptane |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email gaby |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:33 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185091 |
Text
-RYAN FAKHRI PERMANA PUTRA.pdf Download (11MB) |
Actions (login required)
View Item |