Eksistensialisme Seperti yang Digambarkan dalam NieR:Automata

Syabilla, Mohammad Iqbal (2021) Eksistensialisme Seperti yang Digambarkan dalam NieR:Automata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Video game juga bisa dipakai sebagai media untuk menyampaikan suatu cerita. NieR:Automata akan dijadikan sebagai subjek untuk penelitian ini. Peneliti mengasumsikan bahwa ada simbol eksistensialisme di dalam narasi NieR:Automata. Oleh karena itu, fokus dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana simbol eksistensialisme digambarkan oleh NieR:Automata, dengan menggunakan pendekatan struktural dan metode semiotic. Studi ini menggunakan metode kualitatif interpretive, untuk mencari tahu simbol eksistensialisme yang digambarkan dengan menggunakan metode semiotik. Berkaitan dengan data, cutscene dan dialog dari karakter di dalam game akan digunakan sebagai sumber dari data. Studi ini hanya akan menggunakan playthrough pertama dari video game ini. Hasil dari studi ini dapat dijelaskan bahwa dengan menerapkan teori eksistensialisme ke narasi di dalam game, ada enam simbol yang menunjukkan eksistensialisme. Berdasarkan data, semua simbol digambarkan oleh karakter, yang bisa dikelompokkan lagi berdasarkan tindakan, perkataan, atau nilai dan kepercayaan mereka. Terlebih lagi, ditemukan bahwa di dalam game ada referensi langsung kepada tokoh terkemuka di bidang eksistensialisme, seperti Beauvoir dan Blaise Pascal. Setelah dianalisis lebih lanjut, terungkap bahwa karakterkarakter didalam game ini mempunyai nilai yang berhubungan dengan tokoh yang mereka representasikan, walaupun nilai itu bisa berubah, mengikuti tema dari game. Penemuan dari studi ini dapat bermanfaat untuk studi kultur selanjutnya, terutama yang menggunakan video game sebagai subjeknya, peneliti selanjutnya mungkin akan tertarik untuk menggunakan video game karena jumlah studi di bidang ini masih sangat terbatas. Penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan studi ini dapat menggunakan pendekatan yang berbeda, dengan menggunakan nilai lain selain eksistensialisme sebagai fokusnya, atau dengan memperluas studi ini, karena seperti yang disebutkan sebelumnya, studi ini hanya menggunakan playthrough pertama sebagai data

English Abstract

Video games can also be used as a medium to tell story. In this research the video game NieR:Automata will be the subject of the study. The researcher assumes that there are existentialism symbols inside the narrative of NieR:Automata. Therefore the focus of this study is to find out how the existentialism symbols is depicted in NieR:Automata, by using structural approach and semiotic method. This study uses qualitative interpretative method, to find how the existentialism symbol was depicted by using the semiotic method. As for the data, the cutscenes and also the dialogues from the characters inside the game will be used as the source of the data. This study will only uses the first playthrough of the game. The result of this study can be explained that by applying existentialism theory to the narrative of the game, there are six symbols that shows existentialism. Based on the data, all of the symbols where depicted by the characters, which can be divided further whether by their actions, words, or values and beliefs. Even more it is found that inside the game there are direct reference to prominent figures of existentialism field, such as Beauvoir and Blaise Pascal. Upon further analyzing, it is revealed that these characters in the game also have some values that is tied to the figures that they represent, although it may get twisted, fitting the theme of the game. The findings of this study can be beneficial for future cultural studies especially that uses video games as it subject. Future researcher may find appeal in using video games as their subject since the numbers of studies in this field is still very limited. The next research relating to this study can be done by using different approach, by using other values beside existentialism as it focus, or by expanding it since this study only use the first playthrough for the data

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:28
Last Modified: 24 Feb 2022 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185087
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOHAMMAD IQBAL SYABILLA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item