Analisis Pemanfaatan Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keberhasilan Pengembangan Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Bella Arum Pramesti, Rasma (2021) Analisis Pemanfaatan Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keberhasilan Pengembangan Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Rasma Bella Arum Pramesti, Analisis Pemanfaatan Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keberhasilan Pengembangan Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pembimbing: Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D dan Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT. UMKM merupakan salah satu bidang penting dalam perkembangan ekonomi di indonesia. Untuk Menghadapi mekanisme pasar yang semakin terbuka dan persaingan yang ketat, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing antar pelaku bisnis. Penggunaan media sosial dan e-commerce dapat menjadikan peluang bagi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya untuk dapat menguasai pasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengalaman pelaku bisnis UMKM dalam memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk promosi usahanya yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk itu dilakukan pengumpulan data dengan melakukan wawancara semi terstruktur secara mendalam kepada 15 pelaku bisnis UMKM yang telah menggunakan media sosial atau e-commerce dalam promosi usahanya. Hasil dari pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur kemudian diubah kedalam bentuk transkrip verbatim dan dianalisis dengan menggunakan thematic analysis. Kesimpulan dari hasil penelitian ditemukan tiga kategori yang menjelaskan perbedaan alasan pelaku bisnis UMKM menggunakan media sosial dengan pelaku bisnis UMKM yang menggunakan e-commerce dalam promosi usahanya, yaitu terkait dengan individual feature, alasan penggunaan media sosial dan alasan penggunaan e-commerce. Terdapat dua kategori yang menjadi alasan pelaku bisnis UMKM tidak menggunakan aplikasi media sosial dan e-commerce lain yaitu alasan tidak menggunakan aplikasi media sosial lain dan alasan tidak menggunakan aplikasi e-commerce lain. Ditemukan dua kategori hambatan yang dialami oleh pelaku bisnis UMKM ketika menggunakan media sosial dan e-commerce yaitu hambatan penggunaan media sosial dan e-commerce, dan pengalaman kurang menyenangkan penggunaan media sosial dan e-commerce. Kata Kunci : UMKM, Media Sosial, E-Commerce, Pemasaran Digital, Thematic Analysis "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: UMKM, Media Sosial, E-Commerce, Pemasaran Digital, Thematic Analysis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:21
Last Modified: 22 Feb 2022 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185075
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rasma Bella Arum Pramesti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item