Rifdah, Luthfiyah (2021) Students' Perception Toward The Use Of Whatsapp Group As A Tool In Learning Language: A Study In Aaron English On Whatsapp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persepsi merupakan salah satu faktor yang membentuk penilaian seseorang terhadap seseorang atau sesuatu. Tingkat penilaian seseorang dapat dilihat dari bagaimana persepsi seseorang mengarah ke positif atau negatif. Pendidik sekarang mengintegrasikan informasi, komunikasi dan teknologi (ICT) untuk membantu mereka dalam menyampaikan materi kepada siswa. Mobile-Assisted Language Learning (MALL) merupakan salah satu jenis pembelajaran yang berkembang saat ini. WhatsApp berbasis seluler telah bergeser fungsinya dari hanya untuk berkomunikasi menjadi platform untuk belajar. Aaron English on WhatsApp (AEonWA) adalah kursus bahasa Inggris yang menggunakan aplikasi sebagai platform untuk melakukan pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang WhatsApp sebagai alat untuk belajar bahasa Inggris, dengan empat kerangka, yaitu terhadap teman sebaya, Tutor, materi dan aplikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Dua kuesioner yang diadaptasi digunakan dalam penelitian terbaru dari Kuo et al. (2014) untuk mengukur persepsi terhadap teman sebaya, tutor dan materi; dan Sari, F. M. (2018) untuk mengukur penggunaan WhastApp. Ada 105 siswa Aaron English di WhatsApp (AEonWA) angkatan lima sebagai responden. Penelitian ini menggunakan skala Likert 5 untuk menganalisis tanggapan. Data ditabulasi, diubah menjadi persentase dan dihitung menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Memiliki teman sebaya selama pembelajaran membuat 74,09% siswa berpikir positif tentang belajar bahasa menggunakan WhatsApp (2) Tutor yang membantu selama pembelajaran menghasilkan pemikiran positif terhadap mereka dari 80% siswa (3) Kerangka materi yang diperoleh 70 ,71% merespon positif karena merangsang pengetahuan mereka (4) Aplikasi WhatsApp 91,21% positif aplikasi yang baik untuk belajar bahasa dalam bentuk diskusi kelompok. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru dapat memanfaatkan penggunaan aplikasi mobile learning dengan mempertimbangkan penggunaan WA untuk mendukung interaksi peer to peer dalam bentuk membangun kenyamanan untuk berpendapat danvii berkomunikasi. Tutor didorong untuk secara teratur memposting pesan pada kelompok diskusi dan membalas pertanyaan siswa sesegera mungkin untuk meningkatkan interaksi mereka dengan siswa. Materi harus dimutakhirkan dengan kebutuhan saat ini sehingga kebutuhan dan masalah siswa tercakup. Fitur-fitur di WhatsApp perlu dieksplorasi lagi untuk mendukung pembelajaran bahasa
English Abstract
Perception is one of the factors that shape the judgment of an individual on someone or something. The level of a judgment of an individual can be seen from how one's perception leads to positive or negative. Educators now integrate information, communication and technology (ICT) to help them in delivering materials to students. Mobile-Assisted Language Learning (MALL) is one of the learning types that acquire nowadays. Mobile-based WhatsApp has shifted its function from only for communicating to a platform for learning. Aaron English on WhatsApp (AEonWA) is an English course that uses the application as the platform to conduct their learning. This study aims to find out students' perception of WhatsApp as a tool to learn English, by four frameworks, namely towards the peer, Tutor, material and application. The method used in this study is a quantitative approach with a survey design. Two adapted questionnaires were used in this recent study from Kuo et al. (2014) to measure perception towards peer, Tutor and material; and Sari, F. M. (2018) to measure towards the use of WhastApp. There were 105 students of Aaron English on WhatsApp (AEonWA) batch five as the respondents. This research used a 5 Likert scale to analyze the responses. The data were tabulated, converted into percentages and calculated using the SPSS 20 version. The results showed that (1) Having a peer during learning makes 74,09% students think positively about learning languages using WhatsApp (2)Tutors who help during learning generate positive thoughts towards them from 80% of students (3) Material framework gained 70,71% positive responds because it stimulates their knowledge (4) WhatsApp application 91,21% positively a good application to learn language in the form of group discussion. From the results mentioned, the researcher suggests the teacher can benefit the use mobile learning application by considering the use of WA to support the peer to peer interaction in the form of build comfort for opinion and communication. Tutors are encouraged to regularly post messages on discussion group and reply to student questions as soon as possible to increase their interaction with students. The material must be updatedv with current needs so that the needs and problems of students are covered. The features in WhatsApp need to be explored again to support language learning
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:32 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 03:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185035 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
LUTHFIYAH RIFDAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 November 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |