Perancangan Kemasan Sekunder Kue Pia dengan Integrasi Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Mixed Prototyping (Studi Kasus di UMKM Pia Bu Win Kota Malang)

Karami, Abi (2021) Perancangan Kemasan Sekunder Kue Pia dengan Integrasi Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Mixed Prototyping (Studi Kasus di UMKM Pia Bu Win Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pia Bu Win adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Malang yang memproduksi kue pia semenjak tahun 1989 dengan target konsumen menengah ke atas. Pia Bu Win mengemas produknya menggunakan kemasan primer kotak plastik PET dengan keterangan informasi yang terbatas pada nama produsen, nama produk, logo, laman media sosial, dan nomor kontak produsen. Secara spesifik, pengelola membutuhkan rancangan kemasan sekunder yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen menengah ke atas agar upaya pemasaran secara tertarget dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon teknis yang dapat dilakukan terhadap atribut kemasan serta menghasilkan rancangan kemasan sekunder kue Pia Bu Win yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen menengah ke atas guna menunjang upaya pemasaran terhadap konsumen yang ditargetkan. Penelitian ini dilaksanakan di UMKM Pia Bu Win, Jalan Ngantang Gang 2 No. 3, RT 6 RW 5, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur pada bulan Juni 2021 hingga Juli 2021. Pengolahan dan analisis data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya. Data primer penelitian ini menggunakan 81 responden pada rentang usia kerja yakni 15 hingga 64 tahun dengan pengeluaran bulanan minimal Rp 1.200.000,-. Perancangan purwarupa kemasan sekunder kue Pia Bu Win menggunakan integrasi metode Quality Function Deployment (QFD) dan mixed prototyping. Metode QFD digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan vii konsumen menengah ke atas, sedangkan metode mixed prototyping digunakan untuk menghasilkan purwarupa rancangan kemasan sekunder berdasarkan hasil analisa data pada metode QFD. Berdasarkan penelitian didapatkan 10 atribut kemasan yang menjadi kebutuhan konsumen (whats) dalam rancangan kemasan sekunder kue Pia Bu Win. Urutan kebutuhan konsumen berdasarkan tingkat kepentingan tertinggi yakni label, ketahanan, desain grafis, tipografi, warna, kenyamanan penggunaan, bahan, tampilan cetak, ukuran, dan bentuk. Respon teknis (hows) terhadap komponen fisik berdasarkan prioritas respon teknis yang relevan yakni 'nyaman untuk dipegang dan dibawa', 'mudah untuk diangkut, diletakkan, ditata, dan disusun', 'melindungi isi atau produk', 'sesuai atau proporsional dengan isi atau berat produk', 'mudah untuk dibuka dan ditutup', dan 'tekstur permukaan yang rata'. Respon teknis (hows) terhadap komponen virtual berdasarkan prioritas respon teknis yang relevan yakni 'grafis yang menarik', 'mudah untuk dibaca', 'informasi yang jelas, akurat, dan lengkap', 'informasi yang tertata dan mudah diikuti', 'informasi atau gambar yang tajam dan jelas', dan 'perpaduan warna yang harmonis'. Kemasan sekunder kue Pia Bu Win yang diterima oleh pengelola Pia Bu Win dan responden memiliki spesifikasi panjang, lebar, dan tinggi berturut-turut yakni 18 cm × 12 cm × 6 cm, menggunakan material art carton dengan gramatur 260 g/m2 , menggunakan finishing doff laminasi PET, berkapasitas 10 buah kue pia dengan berat bersih 450 gram, menggunakan grafis utama berupa foto produk dan logo, menggunakan font sans serif 12 points dan display 144 points, memuat informasi produk yang dipersyaratkan oleh regulasi label pangan, dan menggunakan kombinasi warna kuning dan hitam.

English Abstract

Pia Bu Win is a Micro, Small, and Medium Enterprises (MSME) in Malang that has been producing pia cakes since 1989 with a target of middle to upper consumers. Pia Bu Win packs its products using PET plastic box primary packaging with limited information on the manufacturer's name, product name, logo, social media page, and manufacturer's contact number. Specifically, the manager needs a secondary packaging design that is following the needs and desires of upper-middle-class consumers so that targeted marketing efforts can be carried out. This study aims to analyze the technical responses that can be carried out on packaging attributes and produce a secondary packaging design for Pia Bu Win cakes that are following the desires and needs of middle and upper consumers to support marketing efforts to targeted consumers. This research was conducted at the UMKM Pia Bu Win, Jalan Ngantang Gang 2 No. 3, RT 6 RW 5, Rampal Celaket Village, Klojen District, Malang City, East Java Province from June 2021 to July 2021. Data processing and analysis were carried out at the Computing and System Analysis Laboratory, Department of Agricultural Industrial Technology, Faculty of Agricultural Technology, Universitas Brawijaya. The primary data of this study used 81 respondents in the working-age range, namely 15 to 64 years with a minimum monthly expenditure of IDR 1,200,000. The design of the secondary packaging prototype for the Pia Bu Win cake uses the integration of the Quality Function Deployment (QFD) and mixed prototyping methods. The QFD method is used to identify the needs and desires of upper-middle-class consumers, while the mixed prototyping method is used to produce a secondary ix packaging design prototype based on the results of data analysis on the QFD method. Based on the research, 10 packaging attributes became consumer needs (whats) in the secondary packaging design of Pia Bu Win cakes. The order of consumer needs is based on the highest importance level, name labels, durability, graphic design, typography, color, the comfort of use, materials, print appearance, size, and shape. Technical responses (hows) to physical components based on the priority of relevant technical responses namely 'comfortable to hold and carry', 'easy to transport, place, organize and arrange', 'protect the content or product', 'fit or proportionate to the content or product weight', 'easy to open and close', and 'flat surface texture'. Technical responses (hows) to virtual components based on the priority of relevant technical responses namely 'attractive graphics', 'easy to read', 'clear, accurate, and complete information', 'organized and easy-to-follow information', 'information or sharp and clear images', and 'harmonious color combinations'. The secondary packaging of the Pia Bu Win cake received by the manager of Pia Bu Win and the respondent has specifications of length, width, and height respectively, namely 18 cm × 12 cm × 6 cm, using art carton material with a grammage of 260 g/m2 , using doff finishing PET lamination, with a capacity of 10 cakes with a net weight of 450 grams, using the main graphics in the form of product photos and logos, using 12 points sans serif fonts and 144 points display, containing product information required by food label regulations, and using a combination of yellow and black

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052110
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Kue Pia, Mixed Prototyping, Quality Function Deployment, Mixed Prototyping, Packaging, Pia Cake, Quality Function Deployment
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username dedyiskandar
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:43
Last Modified: 23 Feb 2022 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185029
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Abi Karami.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item