Literature Review: Peranan Panglima Laot Dalam Pengelolaan Perikanan Tangkap Dan Kearifan Lokal Di Perairan Aceh

Kathrinna Dwi Ayuk, Adhindha and Dr. Ir. Edi Susilo, MS., - and Candra Adi Intyas, S.Pi., MP., - (2021) Literature Review: Peranan Panglima Laot Dalam Pengelolaan Perikanan Tangkap Dan Kearifan Lokal Di Perairan Aceh. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan wilayah pesisir telah diatur dalam UU Nomor 27 Tahun 2007 yang melibatkan masyarakat hukum adat selaku kelompok orang yang secara turun-temurun bermukim di wilayah geografis tertentu di NKRI, salah satunya Panglima Laot di Aceh. Penelitian literature review ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah dan peran panglima laot dalam pengelolaan perikanan tangkap dan kearifan lokal, menganalisis peran Panglima Laot dalam pengelolaan perikanan tangkap di Aceh, dan menganalisis peran Panglima Laot dalam pengelolaan kearifan lokal di Aceh. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian. Hasil dari penelitian literature review ini Panglima Laot berdiri sejak abad ke-14 dan memiliki 3 tingkatan kelembagaan, yaitu: panglima laot provinsi, panglima laot kabupaten/kota, dan panglima laot lhok. Panglima Laot bertugas mengatur tata cara penangkapan ikan di laut, bagi hasil, tata cara penyelesaian sengketa, dan pengelolaan kearifan lokal yang ada di Aceh. Panglima laot dalam menjalankan tugasnya tersebut selalu melibatkan instansi pemerintah dan lembaga masyarakat yang ada di Aceh. Peneliti berharap dengan adanya kerjasamanya panglima laot dengan instansi pemerintah tersebut bisa membantu dalam pengelolaan perikanan tangkap dan kearifan lokal.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:37
Last Modified: 23 Feb 2022 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184997
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adhindha Kathrinna Dwi Ayuk.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item