Evaluasi Soundscape Pada Alun-alun Merdeka Kota Malang

Hibatul Wafi, Ralita (2021) Evaluasi Soundscape Pada Alun-alun Merdeka Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis RTH yang ada adalah taman kota. Keberadaan taman kota ini sangat membantu ditengah kepadatan kehidupan perkotaan. Setiap harinya taman kota dimanfaatkan sebagai tempat untuk relaksasi, rekreasi, berinteraksi dan kegiatankegiatan lainnya oleh masyarakat. Kehidupan suatu perkotaan tidak terlepas dari kesibukan dan kebisingan yang diakibatkan oleh manusia ataupun kendaraan. Saat ini kenyamanan audial dan ketenangan menjadi hal yang sulit didapatkan di kehidupan perkotaan. Hal ini juga berpengaruh terhadap kenyamanan fisik dan psikis manusia. Dengan adanya taman kota setidaknya dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Taman kota bisa dijadikan tempat oasis dari kebisingan dan hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Alun-alun Merdeka Kota Malang merupakan taman kota yang cukup aktif dan belum pernah dikaji mengenai kondisi soundscape yang terdapat pada taman tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi soundscape yang ada sudah baik atau belum dengan mengukur kebisingan yang ada pada alun-alun. Selain itu untuk mengetahui apakah ada pengaruh anatara elemen lanskap di Alun-alun Merdeka Kota Malang terhadap kondisi soundscape. Hasil penelitian evaluasi soundscape yang dilakukan selama empat hari yaitu pada Minggu dan Senin menunjukkan kondisi soundscape yang ada masi kurang baik. Dengan kebisingan yang ada melebihi baku mutu tingkat kebisingan untuk RTH yaitu > 50 dB.

English Abstract

One type of green open space that available is a city park. The existence of this city park is very helpful in the middle of urban areas. Everyday a city park is used as a place for relaxation, recreation and other activities by human. The life of a city inseparable from busyness and permits caused by humans or vehicles. Nowadays, audio comfort and quietness are hard to find in urban life. This also affects human physical and psychological comfort. With the existence of a city park, at least it can be the answer to this problem. City parks can be used as an oasis from and experience the hustle and bustle of urban life. Alun-alun Merdeka Kota Malang is an active city park and has never been studied regarding the soundscape conditions in the park. This research is a descriptive evaluative study which aims to see whether the condition of the soundscape is good or not by measuring the noise in that city park. In addition, it is also to see if there is an influence between landscape elements at Alun-alun Merdeka Kota Malang with that soundscape. The results of the soundscape evaluation research for four days, namely on Sundays and Mondays, show that the soundscape conditions are still not good. The measured noise exceeds the quality standart level for green open space, that is > 50 Db.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 720
Uncontrolled Keywords: taman kota, kebisingan, elemen lanskap, city park, noise, soundscape, landscape elements.
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:15
Last Modified: 24 Feb 2022 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184988
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RALITA HIBATUL WAFI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (13MB) | Request a copy

Actions (login required)

View Item View Item