EVALUASI DAN PERANCANGAN PROTOTYPE PERBAIKAN ANTARMUKA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TERPADU (SIAT) FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBUSE DAN HUMAN CENTERED DESIGN (HCD)

Amelia Br Tarigan, Yeni (2021) EVALUASI DAN PERANCANGAN PROTOTYPE PERBAIKAN ANTARMUKA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TERPADU (SIAT) FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBUSE DAN HUMAN CENTERED DESIGN (HCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang memiliki aplikasi web bernama Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT). Aplikasi web tersebut memiliki beberapa permasalahan seperti penataan tabel yang kurang tepat, ukuran dari konten yang tidak sama, dan penulisan yang kurang rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tampilan aplikasi web saat ini dan merancang perbaikan prototype yang kemudian nantinya dievaluasi guna mengurangi permasalahan yang terdapat pada aplikasi web SIAT dan menghasilkan solusi perbaikan sehingga menjadikan SIAT lebih baik lagi. Untuk mengetahui nilai usability maka dilakukan evaluasi menggunakan Web Usability Evaluation (WEBUSE) yang terdiri dari empat kategori yaitu Content, Organisation and Readability, Navigation and Links, User Interface Design dan Performance and Effectiveness. Solusi perbaikan Perancangan prototype dibuat menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang memiliki beberapa tahapan yaitu memahami dan menetapkan konteks pengguna, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi dan melakukan evaluasi desain solusi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan prototype perbaikan yang dibuat lebih baik daripada desain aplikasi web saat ini sehingga nilai usability pada tiap kategori WEBUSE mengalami kenaikan. Sebelumnya ada beberapa poin kategori WEBUSE memiliki hasil level usability poor dan moderate tetapi setelah dilakukan perbaikan, seluruh poin per kategori WEBUSE berada pada level usability good. Perancangan prototype ini menghasilkan solusi desain yang memiliki tingkat kepuasan pengguna yang lebih tinggi. Kata kunci: web application, evaluasi, human centered design, usability, WEBUSE."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: web application, evaluasi, human centered design, usability, WEBUSE."
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:19
Last Modified: 24 Feb 2022 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184973
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yeni Amelia Br Tarigan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item