PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMBELAJARAN INVESTASI PASAR MODAL BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Aditama, Widi (2021) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMBELAJARAN INVESTASI PASAR MODAL BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan data yang didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan masyarakat Indonesia pada sektor pasar modal sebesar 4,92%, menjadikan literasi keuangan terendah dibandingkan sektor keuangan lain, berdasarkan data tersebut upaya untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan pada sektor pasar modal, maka dibutuhkan sebuah perancangan user experience aplikasi yang membantu pengguna mempelajari bagaimana berinvestasi di pasar modal dan melatih keterampilan dalam berinvestasi di pasar modal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode design thinking, dengan tahapan yang terdiri dari mengumpulkan informasi dengan wawancara dan membagikan kuesioner kepada responden untuk mengetahui lebih dalam permasalahan dan bagaimana pengguna menghadapi masalah, analisis kebutuhan untuk menentukan masalah utama dan prioritas kebutuhan, perumusan ide solusi untuk mencari solusi dari masalah, pembuatan mockup dari ide solusi yang akan di iterasi, membuat prototipe untuk memfinalisasi ide solusi, dan pengujian akhir yaitu pengujian usability testing yang menguji aspek efektifitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap desain solusi, menggunakan dua metode, yaitu task skenario untuk menguji aspek efektifitas dan efisiensi, system usability scale untuk mengukur kepuasan. Hasil pengujian mendapatkan nilai 93,47% pada aspek efektifitas, 87,63% pada aspek efisiensi, dan 71,25% pada aspek kepuasan dan nilai tersebut termasuk ke dalam golongan B (Good). Hasil tersebut dirata-rata dan mendapatkan nilai akhir usability sebesar 84,41%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:29
Last Modified: 11 Oct 2024 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184968
[thumbnail of Widi Aditama.pdf] Text
Widi Aditama.pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item