Pengaruh Resolusi Citra Wajah dan Ukuran Sel dan Blok dalam Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan Metode Histogram of Oriented Gradients

Hendro Hartono, Wahyu (2021) Pengaruh Resolusi Citra Wajah dan Ukuran Sel dan Blok dalam Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan Metode Histogram of Oriented Gradients. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia dapat menyampaikan niat dan emosi melalui beberapa cara nonverbal, seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah dan cara lain baik sengaja maupun tidak disengaja. Meskipun dapat diamati dan dikenali dengan baik oleh sesama manusia, pengenalan ekspresi wajah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan oleh komputer. Kesulitan komputer untuk mengenali ekspresi wajah salah satunya berasal dari sulitnya menemukan representasi yang efektif untuk membedakan satu ekspresi dengan yang lain. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menemukan representasi yang efektif dengan menemukan kombinasi optimal antara resolusi citra wajah dan parameter yang digunakan pada perhitungan fitur histogram of oriented gradients (HOG). HOG merepresentasikan citra dengan membagi citra dalam sel-sel, kemudian membentuk histogram berisi nilai dan arah gradien pada setiap sel. Penelitian dilakukan pada CK+ database yang berisi 327 ekspresi wajah dari 7 jenis ekspresi. Pengenalan ekspresi wajah dilakukan dengan algoritme support vector machine (SVM) dengan memperhatikan akurasi sebagai ukuran kinerja dari fitur HOG yang diusulkan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, didapatkan akurasi tertinggi sebesar 94,19% pada resolusi 120×120 piksel, ukuran sel 6×6 piksel, dan ukuran blok 2×2 sel non overlapping. Akurasi terendah sebesar 73,70% didapatkan pada resolusi 48×48 piksel, ukuran sel 12×12 piksel, dengan ukuran blok 2×2 sel non overlapping. Dalam pengujian ini juga didapatkan bahwa konfigurasi ukuran sel 8×8 dan ukuran blok 2×2 dengan overlapping ½ memberikan kinerja tertinggi yang konsisten terhadap semua resolusi dengan akurasi rata-rata sebesar 92,36%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:34
Last Modified: 24 Feb 2022 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184938
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wahyu Hendro Hartono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item