Arini, Kiki (2021) Strategi Kesantunan dalam Ulasan Pembeli Saat Berbelanja Online: Kajian Penggunaan Bahasa dalam Komunikasi Virtual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi dan pertukaran informasi berhasil mendorong masyarakat memanfaatkan pertumbuhan tersebut untuk mempermudah kehidupan sehari-hari mereka, termasuk dalam aktivitas belanja online. Seiring dengan beralihnya masyarakat dari belanja konvensional ke belanja online, faktor-faktor seperti perbedaan waktu dan tempat, serta anonimitas pada komunikasi tipe virtual menjadikan komunikasi pada transaksi juga berbeda jika dibandingkan dengan komunikasi reguler. Jika merujuk pada pepatah “pembeli adalah raja”, pembeli seharusnya lebih berkuasa dari penjual dan lebih berani menunjukkan kekurangan (mengkritik) dan kelebihan (memuji) produk yang diulas. Namun, sebagaimana komunikasi virtual bisa berbeda dibanding komunikasi reguler, kasus dimana pembeli tetap menujukkan sikap berkuasa dan berani menarik untuk dipelajari dari sudut pandang strategi kesantunan. Studi pragmatik ini bermaksud untuk mengkaji strategi kesantunan yang digunakan oleh pembeli online dalam memberikan ulasan saat berbelanja online. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa pembeli online menggunakan 4 (empat) strategi kesantunan yang disarankan oleh Brown dan Levinson (1987) dalam ulasan mereka berikan. Strategi tersebut adalah kesantunan bald on record (tindak tutur langsung), kesantunan positif, kesantunan negatif, dan kesantunan off record (tindak tutur tidak langsung). Dari total 243 data, kesantunan positif mendominasi sebagai strategi yang paling banyak digunakan, kemudian diikuti oleh strategi kesantunan negatif, bald on record (tindak tutur langsung) dan off record (tindak tutur tidak langsung). Dalam kasus strategi kesantunan positif sebagai strategi yang paling banyak digunakan oleh pembeli online, peneliti menemukan bahwa konsep kekuasaan dan rentangan sosial tidak lagi penting dalam kegiatan
English Abstract
The development of technology and information exchange has encouraged people to take advantage of the growth to make their daily life easier, including in the activity of online shopping. As people are slowly moving from conventional shopping to online one, factors like time and space differences and anonymity in the virtual type of communication can make the communication in the transaction different compared to the regular one. If referring to the famous line “buyer is the king”, buyers are expected to be more powerful than seller and braver in pointing out weakness (criticize) and strength (compliment) the product they are reviewing. However, since the virtual communication can be differ from the regular, it is intriguing to study using the framework of politeness strategy whether such case of being powerful and brave is the same or not. This study of pragmatics aims to examine politeness strategies that are employed by online buyers in giving review in online shopping activity. Using a descriptive qualitative approach to conduct the research, the researcher found that 4 (four) politeness strategies suggested by Brown and Levinson (1987) are found in the reviews given by the online buyers. Those strategies are bald on record, positive politeness, negative politeness, and off record politeness. From the total of 243 data, positive politeness takes the dominant as the most used strategy, followed by negative politeness, bald on record and off record strategy. In the case of positive politeness strategy as the most used strategy by the online buyers, the researcher found that the concept of power and distance are no longer important in the activity of giving review in online buying. In addition, a certain phenomenon called benign disinhibition in which people choose a ‘good’ identity online to be seen by others also takes influence in the domination of positive politeness
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 03:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184921 |
Text
KIKI ARINI.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |