Correlation Between Students’ Public Speaking Achievement and Their Vocabulary Mastery

Ulhaq, Iqbal Rocki (2021) Correlation Between Students’ Public Speaking Achievement and Their Vocabulary Mastery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbahasa Inggris adalah bahasa yang dominan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia baik lisan maupun tulisan, karena itu adalah bahasa pergaulan yang digunakan untuk komunikasi internasional ke semua aspek kehidupan manusia seperti dalam pendidikan, ekonomi, politik, dan setiap bidang komunikasi. Oleh karena itu, kemampuan berbicara dikategorikan sebagai keterampilan utama yang harus dikuasai siswa. Namun, siswa Indonesia sebagai pembelajar EFL masih memiliki beberapa masalah dengan pembelajaran bahasa asing mereka terutama dalam berbicara. Masalah-masalah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya motivasi,antar bahasa, dan yang paling krusial yaitu penguasaan kosa kata. Mempertimbangkan alasan tersebut, peneliti melakukan studi korelasional dalam konteks EFL untuk memperkaya studi. Itulah sebabnya peneliti melakukan penelitian saat ini pada mahasiswa tahun kedua sarjana di kelas Berbicara Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Brawijaya. Studi ini membahas tentang hubungan antara prestasi Public Speaking siswa dan penguasaan kosa kata mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasi, tes kosa kata dan skor akhir mahasiswa sebagai instrumen. Ada total 30 soal tes kosa kata yang direspon oleh 56 siswa dalam 2 kelas Public Speaking dalam rangka menjawab masalah penelitian ini yaitu apakah ada korelasi antara prestasi Public Speaking siswa dan penguasaan kosa kata mereka?. Kemudian, dalam menganalisis data, Peneliti menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel yang merupakan prestasi Public Speaking siswa dan penguasaan kosa kata mereka menunjukkan korelasi yang kuat. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa koefisien korelasi antara prestasi Public Speaking siswa(X) dan penguasaan kosa kata mereka (Y) adalah 0.627 dikategorikan memiliki korelasi sedang sebagai korelasi yang dianggap signifikan pada tingkat 0,01. Sedangkan nilai P adalah .000 <0,01 yang menunjukkan bahwa kedua variabel menunjukkan korelasi yang signifikan. Dapat diasumsikan bahwa siswa dengan tingkat penguasaan kosa kata yang tinggi juga memiliki tingkat kemampuan berbicara di depan public yang tinggi

English Abstract

English speaking is the dominant language spoken by many people around the world in both of oral and written, because it is the lingua franca used for international communication to all aspects of human life such as in education, economy, politics, and every area of communication. Therefore, speaking capability is categorized as the main skill that students should be mastered. However, Indonesian students as EFL learners still have some issues with their foreign language learning especially in speaking (Mahmud, 2018). These issues are affected by several factors such as lack of motivation, interlanguage, and the most crucial thing is Vocabulary mastery. Considering those reasons, the researcher conducts a correlational study in EFL context to enrich the studies. That is why the researcher conducts this current research on the second-year students of undergraduate in Public Speaking class, English Language Education Program, Universitas Brawijaya. This study discussed about the relationship between EFL students’ public speaking achievement and their vocabulary mastery. The results of this study shows that the correlation between two variables which are students’ public speaking achievement and their vocabulary mastery indicate a strong correlation. The findings of this research reveal that the correlation coefficient between Students’ Public Speaking achievement (X) and Vocabulary Mastery (Y) is 0.627 categorized having a strong correlation as the correlation considered significant at the 0.01 level. While the P values is .000 < 0.05 which shows that the two variables show significant correlation. It can be assumed that students with high degree of Vocabulary Mastery also have high level of speaking proficiency

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:03
Last Modified: 24 Feb 2022 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184897
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IQBAL ROCKI ULHAQ.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item