Perancangan User Experience Situs Web Minopelepon Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) dan User Experience Questionnaire (UEQ)

Mulya, Valya Elanda (2021) Perancangan User Experience Situs Web Minopelepon Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia mode saat ini menjadi salah satu hal yang dinikmati masyarakat, terutama industri mode ramah lingkungan. Sebagai salah satu usaha mikro yang bergerak pada industri pakaian yang ramah lingkungan, tentu saja Minopelepon berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Bukan hanya dari segi produksi, pemasaran produk juga harus diperhatikan agar dapat menjangkau pasar yang telah ditentukan. Hasil wawancara dengan pihak Minopelepon menunjukkan bahwa dibutuhkan sebuah platform yang dapat membantu untuk memasarkan produk, dapat dijangkau oleh banyak pengguna, serta dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna, yaitu situs web Minopelepon. Situs web Minopelepon dapat digunakan pengguna untuk melakukan melihat detail dari produk, pembelian terhadap produk, dan mengedukasi pengguna terkait pentingnya menggunakan produk yang ramah lingkungan. Pada penelitian ini digunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) yang berakar pada aspek ergonomis, ilmu komputer, dan kecerdasan buatan. Pendekatan HCD membutuhkan interaksi antar designer dan penggunanya untuk memberikan hasil yang sesuai kebutuhan. Hasil dari penelitian ini berupa high-fidelity prototype situs web Minopelepon versi desktop. High-fidelity prototype tersebut kemudian diujikan kepada pengguna menggunakan kuesioner pengalaman pengguna, yaitu User Experience Questionnaire (UEQ) yang terdiri dari 26 butir pertanyaan termasuk dalam 6 aspek usability. Hasil pengujian yang telah dilakukan memiliki rata-rata (mean) yang termasuk ke dalam kategori positif dan hampir aspek bernilai sangat baik (excellent), kecuali aspek perspicuity yang bernilai above average dengan mean 1.758. Kemudian dilakukan perbaikan terhadap high-fidelity prototype situs web Minopelepon, khususnya pada aspek perspicuity berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:35
Last Modified: 25 Sep 2024 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184886
[thumbnail of VALYA ELANDA MULYA.pdf] Text
VALYA ELANDA MULYA.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item