Analisis Konvergensi Intutionistic Fuzzy C-Means Clustering Pada Machine Learning Dataset

Prianggono, Rifqi Rivana (2021) Analisis Konvergensi Intutionistic Fuzzy C-Means Clustering Pada Machine Learning Dataset. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Machine learning memiliki banyak sekali manfaat dalam berbagai bidang pada saat ini. Berbagai metode dalam machine learning dimanfaatkan untuk mengelola himpunan data (dataset) sehingga memberikan manfaat secara langsung dalam kehidupan. Salah satu metode machine learning yang sering digunakan adalah metode clustering. Dalam algoritma clustering, hal yang paling penting adalah terjaminnya algoritma tersebut untuk konvergen ke solusi yang paling optimal. Konvergensi pada algoritma intutionistic fuzzy c-means (IFCM) clustering menjamin bahwa algoritma IFCM berhenti pada perulangan yang terbatas. Untuk melengkapi penelitian mengenai algoritma IFCM clustering, pada skripsi ini akan dianalisis mengenai pembuktian konvergensi pada IFCM clustering. Berdasarkan analisis konvergensi yang dipaparkan dalam skripsi ini, telah terbukti bahwa algoritma IFCM konvergen. Selain itu, intutionistic fuzzy set dalam algoritma c-means dalam hal ini adalah algoritma IFCM akan diukur dan dibandingkan dengan algoritma fuzzy c-means (FCM) clustering untuk mengetahui kinerjanya. Pengukuran tersebut didasarkan pada perhitungan indeks uji clustering yang sesuai menggunakan real dataset yang diambil dari UCI repository machine learning dataset. Indeks uji yang digunakan meliputi indeks Dunn yang mengukur kepadatan data dalam klaster, koefisien partisi yang menginformasikan overlapping anggota antar klaster, dan indeks partisi yang menunjukkan pemisahan antar klaster. Berdasarkan hasil uji dengan menggunakan 4 dataset uji, algoritma IFCM menghasilkan nilai indeks Dunn yang lebih baik pada 3 dataset uji jika dibandingkan dengan algoritma FCM. Sedangkan pada nilai koefisien partisi dan indeks partisi, algoritma IFCM mendapatkan hasil yang lebih baik pada semua dataset uji. Kata Kunci: Intutionistic Fuzzy C-Means (IFCM), clustering, konvergensi, Intutionistic Fuzzy Set, dataset."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052109
Uncontrolled Keywords: Intutionistic Fuzzy C-Means (IFCM), clustering, konvergensi, Intutionistic Fuzzy Set, dataset.", Intutionistic Fuzzy C-Means (IFCM), clustering, konvergensi, Intutionistic Fuzzy Set, dataset."
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with username dedyiskandar
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:46
Last Modified: 23 Feb 2022 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184880
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RIFQI RIVANA PRIANGGONO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item