EVALUASI DAN PERANCANGAN PERBAIKAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI KER DENGAN PENDEKATAN HUMAN CENTERED DESIGN

Hans Juliher, Teophilus (2021) EVALUASI DAN PERANCANGAN PERBAIKAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI KER DENGAN PENDEKATAN HUMAN CENTERED DESIGN. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"ABSTRAK Teophilus Hans Juliher, Evaluasi Dan Perancangan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi KER Dengan Pendekatan Human Centered Design Pembimbing: Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Aditya Rachmadi, S.T., M.TI. Teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia dan membantu manusia dalam berbagai hal termasuk dalam pemerintahan. Pemerintahan menerapkan teknologi dalam layanan yang diberikan salah satunya implementasi e-government. E-Government merupakan upaya pemanfaatan dan pemanfaatan telematika untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, memberikan akses informasi kepada publik secara lebih luas, menjadikan pemerintahan yang lebih akuntabel dan transparan kepada masyarakat. Salah satu upaya Pemerintah Kota Malang dalam menerapkan layanan e-government adalah meluncurkan aplikasi KER melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang. KER merupakan integrasi dari berbagai aplikasi layanan publik untuk mewujudkan layanan dalam sebuah genggaman. Namun dalam penggunaannya, aplikasi KER memiliki beberapa permasalahan yang dialami oleh pengguna sehingga aplikasi tersebut mendapat rating sebesar 3.5/5 pada halaman Google Play Store. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan evaluasi dan perancangan perbaikan antarmuka pengguna pada aplikasi KER. Evaluasi dilakukan dengan menghitung success rate dan time-based efficiency kepada 5 orang responden dengan task scenario lalu menghitung nilai usability yang diperoleh melalui kuesioner USE (Usefulness, Satisfaction, dan Ease of Use) yang diisi oleh 20 orang responden setelah menggunakan sistem. Pendekatan yang digunakan pada perancangan adalah Human Centered Design. Human Centered Design digunakan untuk mengatasi permasalahan pada sistem, yang nantinya akan melibatkan perspektif manusia pada tiap prosesnya dengan perhatian pusat pada pengguna dan menghasilkan rekomendasi perbaikan pada rancangan antarmuka pengguna yang dihasilkan. Rancangan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah wireframe dan prototipe berfidelitas tinggi. Evaluasi awal mendapatkan nilai success rate sebesar 86,6%, time-based efficiency 0,05 goals/sec dan nilai usability 65%. Setelah dilakukan perbaikan desain antarmuka pengguna, maka evaluasi Kembali dilakukan dan menghasilkan nilai success rate 100%, time-based efficiency 0,01 goals/sec dan nilai usability 82%. Berdasarkan hasil dari evaluasi perbaikan antarmuka pengguna maka perbaikan meningkatkan nilai usability dari sistem. Kata kunci: perancangan, antarmuka pengguna, Human Centered Design, kuesioner USE, usability, success rate, time-based efficiency "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: perancangan, antarmuka pengguna, Human Centered Design, kuesioner USE, usability, success rate, time-based efficiency "
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:17
Last Modified: 02 Oct 2024 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184846
[thumbnail of TEOPHILUS HANS JULIHER.pdf] Text
TEOPHILUS HANS JULIHER.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item