Novrian, Muhammad Vionda (2021) "Pengembangan Rancangan Aplikasi Mobile Bisnis Crowdsourcing (Studi Kasus : ""Pt. Sinergi Ketahanan Pangan"")". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Sinergi Ketahanan Pangan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri peternakan ayam yang menjalankan sistem investasi berupa crowdfunding dengan salah satu produknya yang bernama Chick-In. saat ini, PT. Sinergi Ketahanan Pangan menggunakan media website untuk melakukan investasi crowdfunding. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan aplikasi crowdfunding berbasis mobile. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi yaitu menggunakan metode Prototyping. Pada tahap awal, peneliti melakukan pengumpulan data sehingga yang didapatkan nantinya yaitu berupa karakteristik pengguna, tujuan pengguna, dan task scenarios melalui proses wawancara yang nantinya akan dirangkum menjadi user story. Selanjutnya, hasil pengumpulan data tersebut dilakukan analisis dan mendapatkan beberapa hasil terkait user story, target market, user persona, kebutuhan functional dan non-functional aplikasi. Tahap selanjutnya, beberapa hasil analisis tersebut digunakan sebagai landasan dalam merancang aplikasi. Perancangan aplikasi menghasilkan use case diagram, class diagram, sequence diagram, dan proses bisnis. Selanjutnya, beberapa hasil perancangan tersebut digunakan untuk melakukan prototyping, dengan membuat low-fidelity prototype dan high-fidelity prototype menggunakan aplikasi Bernama figma. Hasil dari prototype tersebut dievaluasi menggunakan metode Task Scenario dan System Usability Scale (SUS) menggunakan 5 responden. Kuesioner disebarkan menggunakan media Google Form. Hasil pengujian Task Scenario didapatkan 6 permasalahan yang terdapat pada responden 1, responden 3, dan responden 4. Hasil pengujian SUS, R1 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 90, R2 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 75, R3 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 78, R4 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 83,dan R5 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 75. Maka total skor rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 80. Angka ini mengindikasikan bahwa aplikasi dikategorikan sebagai acceptable, grade scale B, dan rating excellent. Artinya bahwa aplikasi dapat dikatakan baik atau dapat digunakan oleh pengguna akhir. Kata kunci: Crowdfunding, Prototyping, UML, Kuesioner SUS, Business Process Modelling and Notation (BPMN).
English Abstract
PT. Sinergi Ketahanan Pangan is a company engaged in the chicken farming industry that runs an investment system in the form of crowdfunding with one of its products named Chick-In. Currently, PT. Sinergi Ketahanan Pangan uses website as a media to make crowdfunding investments. This research aims to design a mobile-based crowdfunding application. The method used for designing the application is Prototyping Method. In the early stages, researchers collect data so that what is obtained later is in the form of user characteristics, user objectives, and task scenarios through the interview process that will be summarized into user stories. Furthermore, the data collection results are analyzed and get some results related to user story, target market, user persona, functional and non-functional applications. In the next stage, some of the results of the analysis are used as a basis for designing applications. Application design generates use case diagrams, class diagrams, sequence diagrams, and business processes. Furthermore, some of the design results were used for prototyping, by making low-fidelity prototypes and high-fidelity prototypes using Figma. The results of the prototype were evaluated using the task scenario method and System Usability Scale (SUS) using 5 respondents. Questionnaires are distributed using Google Form media. Task Scenario test results found 6 problems found in respondent 1, respondent 3, and respondent 4. In SUS test results, R1 has the number of scores obtained is 90, R2 has the number of scores obtained is 75, R3 has the number of scores obtained is 78, R4 has the number of scores obtained is 83, and R5 has the number of scores obtained is 75. Then the total average score obtained is 80. This number indicates that the application is categorized as acceptable, grade scale B, and rating excellent. This means that the app can be said to be good or can be used by endusers.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Uncontrolled Keywords: | Crowdfunding, Prototyping, UML, Kuesioner SUS, Business Process Modelling and Notation (BPMN)., Crowdfunding, Prototyping, UML, Kuesioner SUS, Business Process Modelling and Notation (BPMN). |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username santoso |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 02:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184836 |
Text
MUHAMMAD VIONDA NOVRIAN.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |